Update Covid-19 di Sultra, Jumlah Positif Bertambah 69 dan Sembuh 15

0
259
Update Covid-19 di Sultra, Jumlah Positif Bertambah 69 dan Sembuh 15
La Ode Rabiul Awal, Juru Bicara (Jubir) Gugas Tugas Covid-19 Sultra. (Foto: Istimewa)

KENDARI, SULTRA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali merilis informasi terbaru wabah virus Corona (Covid-19) di Sulawesi Tenggara (Sultra) per hari ini, Selasa (05/05/2020), pukul 17.00 Wita. Jumlah positif Covid-19 bertambah menjadi 69 orang.

“Terjadi penambahan 5 kasus baru sehingga total kasus konfirmasi positif menjadi 69 orang,” ungkap La Ode Rabiul Awal, Juru Bicara (Jubir) Gugas Tugas Covid-19 Sultra, Selasa (05/05/2020).

Adapun kasus baru tersebut yakni Laki-Laki (7 Tahun) asal Kabupaten Kolaka Timur, Perempuan (56 Tahun) asal Kabupaten Kolaka Utara. Sedangkan Perempuan (17 Tahun), Perempuan (14 Tahun) dan Perempuan (53 tahun) asal Kota Kendari.

“Terhitung juga terjadi penambahan kasus sembuh sebanyak 4 kasus sehingga total kasus sembuh menjadi 15 orang. Kasus meninggal tidak ada penambahan, masih tetap 2 kasus,” terang La Ode Rabiul Awal.

Dijelaskan, untuk kasus dari Kabupaten Kolaka Utara dan Kabupaten Kolaka Timur berkaitan dengan kasus Kabupaten Gowa, Sulsel. Sementara kasus Kota Kendari semuanya merupakan kontak erat dengan kasus 35.

“Kasus sembuh laki-laki (43 Tahun) Perempuan (57 Tahun), Perempuan (32 Tahun) asal Kabupaten Muna dan laki-laki (41 Tahun) Kabupaten Konawe Selatan yang berasal dari klaster Sukabumi,” jelas La Ode Rabiul Awal.

Kemudian rekapitulasi kasus berdasarkan transmisi/ penularan kegiatan umroh telah menulari 18 kasus sampai pada kasus 64 dan 65. Kegiatan berkaitan dengan cuci darah 4 orang, kelompok Sukabumi 16 orang, yang terkait dengan kegiatan di Muna 15 orang, yang terdiri dari 12 di Kabupaten Muna sendiri, 1 kasus di Kota Baubau, dan 1 kasus di Kabupaten Bombana/Muna Barat.

Kemudian yang melakukan perjalanan KM. Lambelu dan KM Glitar masing-masing satu kasus, terkait kegiatan di Gowa, Sulsel 4 kasus, diantaranya 2 di Kabupaten Kolaka Timur, dan 2 kasus di Kolaka Utara. Perjalanan KM. Dorolonda terdiri dari 6 orang, 2 Kota Kendari pada awalnya, 1 Konawe Selatan lalu bertambah menjadi 3 orang.

“Selanjutnya yang sedang ditelurusi adalah yang terkait dengan Magetan, ini sudah dilaporkan terjadi kasus positif di Aceh dan Sultra Surveylensnya diumumkan,” kata La Ode Rabiul Awal.

Sementara untuk berita duka pada Senin malam (04/05/2020) sekitar pukul 22.30 Wita, seorang PDP laki-laki berumur 28 Tahun di Kolaka Utara meninggal dunia. Jenazah sempat dilakukan test Swab dan dimakamkan sesuai protokol Covid-19.

Sedangkan kasus laki-laki yang sempat dirapid tes positif dan meninggalkan RS, Bahteramas secara diam-diam, hasil Swab terbarunya Negatif.

“Kemudian kasus PDP asal Konawe Selatan yang meninggal di RS Bahteramas pada tanggal 29 April hasil Swabnya Negatif,” tutupnya.(*)

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here