UKM Alquran Study Club Gelar LKMO 2020

0
141
UKM Alquran Study Club Gelar LKMO 2020
UKM ASC menggelar Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (LKMO). (Foto: Istimewa)

MALANG, JATIM – Setelah dilantiknya Ketua Umum UKM Alquran Study Club (ASC) pada Desember 2019 lalu, pengurus atau khudama’ yang tergabung dalam kabinet Ahlul Quran juga menyusul terbentuk pada Januari setelahnya.

Mahasiswa Bimbingan Konseling (BK) Angkatan 2017, Ifanisyafiq Dwi Musholli resmi diangkat menjadi Ketua Umum UKM ASC Masa Bhakti 2020.

Sebagai agenda pertama dalam rangka meningkatkan mutu khudama’ agar organisasi berjalan lancar, UKM ASC menggelar Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (LKMO) pada Sabtu hingga Minggu (22 hingga 23 Februari 2020) lalu.

“Selamat belajar disini, gali ilmu sebanyak-banyaknya. Harapan terbesar kita semua adalah semoga ilmu yang didapat disini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pesan Ifanisyafiq dalam sambutannya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut tersebut diikuti oleh seluruh pengurus tak terkecuali ketua umum dan para pengurus inti.

Berlokasi di gedung Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pada hari pertama, khudama’ mendapatkan dua materi mengenai Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh M. Alifudin Ikhsan dan materi Networking and Public Speaking oleh Salahuddin Al Fatih.

Setelah menerima materi, khudama’ dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan Focus Group Discussion. Dalam diskusi tersebut, khudama’ diwajibkan untuk mendisukusikan job description setiap sie.

Contohnya, sie acara akan berdiskusi mengenai bagaiman model suatu acara dibentuk, apa saja tugas-tugasnya, berkoordinasi dengan siapa saja dan lain sebagainya.

Kegiatan hari pertama ditutup pada sore hari dan dilanjutkan esok paginya di gedung Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Pada hari kedua ini, setiap group discussion yang dibentuk di hari pertama diharuskan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Kemudian, para senior atau biasa disebut majelis kehormatan maupun sesepuh memberikan masukan, tambahan dan saran mengenai isi dari presentasi tersebut.

“Menjadi anggota dalam suatu keorganisasian, pasti akan menemui orang-orang dengan watak maupun sifat yang unik, malah bisa saja kita menjadi salah satunya. Oleh karenanya, mengatur hati agar selalu bisa menerima anggota lain adalah yang paling terbaik. Dan ingat selalu, menjadi khudama’ ASC haruslah ikhlas sepenuh hati,” pesan Ustadzah Muslihati saat memberikan materi terakhir yakni Manajemen Hati.

LKMO tahun 2020 UKM ASC resmi ditutup menjelang waktu Dhuhur, dengan doa khataman Alquran dan pengumuman lain-lain.(***)

RED

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here