Tuntut Pengembalian Hak, Forum Marwah ASN Desak Presiden RI Cabut SKB Tiga Menteri

0
753
Tuntut Pengembalian Hak, Forum Marwah ASN Desak Presiden RI Cabut SKB Tiga Menteri
Presidium Nasional Forum Marwah Aparatur Sipil Negara (ASN) Indonesia melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Kepresidenan Republik Indonesia (RI) di Jakarta, Jumat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Presidium Nasional Forum Marwah Aparatur Sipil Negara (ASN) Indonesia kembali melakukan aksi unjuk rasa menuntut pengembalian hak dan pencabutan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri di depan Istana Kepresidenan Republik Indonesia (RI) di Jakarta, Jumat (13/03/2020).

Aksi yang sama juga telah digelar oleh Forum Marwah ASN sehari sebelumnya pada Kamis, (12/03/2020).

Ketua Presidium Nasional Forum Marwah ASN, Sumiadi Taslim menyatakan bahwa aksi tersebut sebagai upaya para ASN dalam memperjuangkan hak asasinya.

“Hukum itu mesti berketuhanan dan berprikemanusiaan yang adil dan beradab. Apalagi ini soal hak asasi manusia. Prinsip-prinsip HAM (Hak Asasi Manusia) harus ditegakkan kepada siapapun tanpa terkecuali. Termasuk kami para ASN yang diberhentikan,” ujarnya melalui rilis yang diterima media ini, Sabtu (14/03/2020).

Tuntut Pengembalian Hak, Forum Marwah ASN Desak Presiden RI Cabut SKB Tiga Menteri

Lanjut dari itu ia juga memaparkan, terdapat tiga tuntutan utama yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo. Tuntutan pertama yakni, permohonan pembatalan SKB Mendagri, Menpan RB dan Kepala BKN, masing-masing SK Nomor 182/6597/J, Nomor 15 tahun 2018, serta Nomor 15/KEP/2018 tanggal 13 September 2018 tentang penegakan hukum terhadap PNS.

Tuntutan kedua, pembatalan Surat Keputusan Pemberhentian Tidak dengan Hormat (PTDH) PNS yang disebabkan oleh tindak pidana kejahatan jabatan dan pengembalian hak-hak kepegawaian.

Kemudian, tuntutan yang ketiga adalah penerbitan peraturan tentang pengaktifan kembali PNS yang diberhentikan tidak dengan hormat, namun dapat memperoleh hak kepegawaiannya kembali.

Untuk diketahui dalam aksi tersebut, pernyataan para peserta aksi diterima langsung olek Juri Ardiantoro Kepala Deputi IV Kantor Staf Presiden RI.

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here