Tolak Kedatangan 500 TKA Asal China, Massa Demo Hingga Malam Hari

0
843
Tolak Kedatangan 500 TKA Asal China, Massa Demo Hingga Malam Hari
Ratusan massa yang tergabung dalam beberapa elemen berunjuk rasa di Simpang 4 Bandara Haluoleo. (Doc. FB.Net)

KENDARI, SULTRA — Ratusan massa yang tergabung dalam beberapa elemen menggelar unjuk rasa menolak kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (23/06/2020).

Massa yang terdiri dari Laskar Pemuda Merah Putih (LPMP) dan Organisasi Akademisi Mahasiswa (Oasis) Sultra ini menggelar aksinya di simpang 4 Bandara Haluoleo. Aksi dilakukan dalam rangka menolak kadatangan 500 TKA asal China.

Koordinator Lapangan LPMP yang tergabung dalam Front Mahasiswa Menolak Kqedatangan TKA China, Dendi Aditia menyampaikan bahwa pihaknya tidak menolak investasi karena hal itu merupakan perintah Undang-Undang. Hanya saja, investasi harus benar-benar untuk kepentingan rakyat. Bukan untuk para elit-elit politik.

“Langkah Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi yang menyatakan sikap mendukung kedatangan 500 TKA asal China membuat duka cita yang berkepanjangan untuk masyarakat Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

“Dimana masyarakat Sulawesi Tenggara yang mayoritas petani, nelayan, dan buruh harusnya lebih diutamakan. Dengan adanya wabah Covid-19 pendapatan masyarakat berkurang, bahkan ada yang sampai kehilangan pekerjaan. Pemerintah seharusnya lebih mementingkan rakyatnya bukan malah mementingkan rakyat negara lain,” tambahnya.

Olehnya itu, dia menegaskan, pihaknya bersama masyarakat menyatakan menolak kedatangan 500 TKA asal China tersebut.

“Kami masa aksi yang tergabung dalam Front Mahasiswa IAIN Kendari bersama masyarakat Sulawesi Tenggara menyatakan sikap menolak kedatangan 500 TKA asal China,” tegasnya.

Sementara sampai dengan Rabu (24/06/2020) pukul 01.00 Wita dini hari, para pengunjuk rasa terus berdemo dan berjaga-jaga di sekitar simpang 4 Bandara Haluoleo dengan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 156 TKA gelombang pertama sudah tiba di Sultra pada Selasa malam. Ratusan TKA asal China ini akan berdatangan hingga mencapai 500 orang.(#)

Reporter: Den/Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here