Tingkatkan Kesiagaan Terhadap Ancaman Udara, KRI Sultan Hasanuddin Latihan Dengan Kapal Perang Jerman

0
187
Tingkatkan Kesiagaan Terhadap Ancaman Udara, KRI Sultan Hasanuddin Latihan Dengan Kapal Perang Jerman
Kapal perang Jerman saat latihan bersama KRI Sultan Hasanuddin-366. (Foto: Istimewa)

LEBANON — KRI Sultan Hasanuddin-366 dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, dan helikopter Dauphin HR-3601 yang tergabung dalam satuan gugus tugas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVII-L/UNIFIL tahun 2019 Lebanon, melaksanakan beberapa materi latihan bersama dengan unsur-unsur kapal perang MTF UNIFIL lainnya di Area Of Maritime Operation (AMO) di perairan Lebanon, pada Senin (01/06/2020).

Serial latihan yang dilaksanakan adalah Anti Asymetric Warfare Exercise (AASYWEX) 005 Low Slow Flyer (LSF) bersama dengan FGS Ludwigshafen Am Rhein F 264 salah satu kapal perang milik Jerman.

Tujuan utama latihan adalah untuk meningkatkan kemampuan unsur terhadap situational awareness semua penerbangan yang melintas di wilayah operasinya, dalam upaya mengantisipasi adanya kemungkinan ancaman asimetris dari pesawat udara dengan ketinggian dan kecepatan rendah (Low Slow Flyer/LSF).

Latihan dilaksanakan dalam 3 tahap dimana tiap tahap melaksanakan Air Warning Procedure, dengan tingkat kesulitan dan jenis ancaman yang berbeda.

Dansatgas MTF TNI Konga XXVII-L/UNIFIL, Letkol Laut (P) Ludfy mengatakan, secara keseluruhan latihan yang menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam ini dapat berjalan aman dan lancar.

“Dengan adanya latihan ini diharapkan dapat menjaga tingkat kesiapsiagaan personel unsur-unsur MTF dalam menghadapi ancaman nyata berupa LSF di daerah medan operasi,” ujarnya usai latihan.(*)

Laporan: Nov/Pen2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here