Tebing Longsor Timpa Dua Rumah Warga Desa Keteleng

0
233
Tebing Longsor Timpa Dua Rumah Warga Desa Keteleng
Danramil 09/Blado Kapten Cba. Kuswanto bersama anggota turun langsung melakukan pengecekan lokasi terjadinya longsor yang menimpa dua rumah warga Desa Keteleng. (Fajar/FB.Net)

BATANG, JATENG — Hujan yang mengguyur di beberapa wilayah secara merata membuat pemukiman penduduk yang berada di dataran tinggi rawan terkena banjir dan longsor. Utamanya posisi rumah di bawah tebing, kondisi tanah yang labil tidak mampu menahan resapan air hujan.

Seperti musibah tanah longsor yang menimpa dua rumah milik Jamir (67) dan Kasmad (70) warga Dukuh Keteleng, Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, pada Jumat (29/01/2021) sekira pukul 06.00 WIB.

Danramil 09/Blado Kapten Cba. Kuswanto yang dihubungi via selulernya oleh Penerangan Kodim membenarkan adanya kejadian tanah longsor yang menimpa dua rumah warga tersebut.

Menurut Danramil, posisi rumah dua warga Keteleng tersebut berada di bawah tebing, sehingga bagian belakang bangunan rumah mengalami kerusakan.

“Kerusakan materil rumah milik Pak Jamir diperkirakan mencapai Rp 5 juta, dan rumah milik Pak Kasmad diperkirakan mencapai Rp 2 juta. Tidak ada korban jiwa, semua penghuni rumah selamat,” terang Danramil.

Selanjutnya, sambung Danramil, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Keteleng dan instansi terkait. Sedangkan Babinsa Keteleng Sertu Muhson beserta anggota lainnya segera cek lokasi kejadian untuk penanganan lebih lanjut.

“Saya mengimbau kepada warga yang rumahnya berada dibawah tebing agar selalu waspada, agar supaya mengungsi ketempat yang lebih aman karena saat ini curah hujan masih cukup tinggi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbaunya.

Danramil juga memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan siaga satu di wilayah binaannya untuk mengantisipasi bencana longsor susulan.(*)

Kontributor: Fajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here