Taruna AAL Tingkat III Latihan Selam Dasar di Kombasin

0
119
Taruna AAL Tingkat III Latihan Selam Dasar di Kombasin
Sebanyak 58 Taruna AAL Tingkat lll Angkatan ke-66 Korps Pelaut dan Korps Teknik melaksanakan Latihan Praktek Selam Dasar di Kombasin, Koarmada ll, Ujung, Surabaya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, JATIM – Sebanyak 58 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-66 Korps Pelaut dan Korps Teknik melaksanakan Latihan Praktek Selam Dasar di Kombasin, Koarmada ll, Ujung, Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

“Latihan Praktek Selam Dasar dilakukan secara bergilir, saat ini diikuti 58 orang Taruna, 42 diantaranya Taruna Korps Pelaut dan 16 orang Taruna lainnya Korps Teknik,” terang Kepala Departemen Jasmani (Kadepjas) AAL Kolonel Marinir Sonny Kunila, Sabtu (29/02/2020).

Pada Latihan Praktek kali ini lanjut Kadepjas, sebelum melaksanakan selam, mereka diberi materi water trapen 10 menit, setelah itu secara bergiliran menyelam ke kedalaman 5 hingga 7 meter didampingi para instruktur selam dari Sekolah Selam (Seselam) Kodiklatal.

“Pada latihan kali ini, mereka juga melaksanakan selam secara mandiri untuk mengambil brevet selam,” terang Kadepjas.

Menurut Kadepjas, kemampuan menyelam bagi Taruna AAL merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki sebagai bekal penugasan nanti. Apalagi sebagai calon TNI AL yang akan mengarungi samudera dalam tugasnya, tentu menyelam merupakan skill yang mutlak dikuasai seorang Taruna AAL.

Dalam Latihan Praktek Selam Dasar ini, sebelumnya para taruna mendapatkan materi bagaimana menggunakan peralatan selam seperti masker, snorkler, fin (kaki katak), boot (sepatu selam), life vest (pelampung), Bouyancy Compensator Divice (BCD), tabung, regulator, pressure dan deep gauge (alat monotorisi tabung selam dalam kedalaman) serta weightbelt (pemberat).

Selain itu, para Taruna menerima materi latihan tentang seluk beluk kesehatan penyelaman, kemampuan renang, water trapen (ketahanan di dalam air), praktek penggunaan alat selam, cara turun ke air (Jump Step, Back Roll dan Side Roll), bongkar pasang alat selam, penguasaan alat selam dan menyelam di dalam air.

Untuk pelatihan selam dasar ini lanjutnya, secara teori dilaksanakan di Kelas AAL, sedangkan untuk praktek lapangan di Kolam Renang AAL Jala Krida Tirta dan di Diving Tank Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II serta di Kolam Basin Koarmada II untuk pelatihan scubanya.(**)

Laporan: Dar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here