Speedboat Najwa yang Hilang Kontak di Perairan Halmahera Akhirnya Ditemukan

0
968
Speedboat Najwa yang Hilang Kontak di Perairan Halmahera Akhirnya Ditemukan
Lanal Morotai saat mengevakuasi ABK dan penumpang Speedboat Najwa. (Foto: Ist)

PULAU MOROTAI, MALUT — Sebuah kapal motor cepat (speedboat) bernama Najwa dikabarkan hilang kontak di perairan Halmahera, Selasa (15/12/2020) malam. Kapal motor cepat tersebut diawaki dua orang dan membawa tujuh orang penumpang.

Ketua Perkumpulan Speedboat Morotai, Zul sekaligus pemilik kapal melaporkan kepada Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Morotai bahwa Speedboat Najwa berangkat dari pelabuhan speed Tobelo, Halmahera Utara pada pukul 17.00 Wit, dengan membawa tujuh orang penumpang dan dua ABK (Anak Buah Kapal).

Hingga pukul 01.00 Wit, speedboat tersebut belum tiba di Pelabuhan Speedboat Daruba Kabupaten Pulau Mototai, Maluku Utara (Malut).

“Speedboat Najwa rute Tobelo-Morotai tersebut diperkirakan hilang kontak setelah dihantam gelombang pada saat menuju ke Pulau Morotai. Cuaca saat ini di perairan Pulau Morotai angin kencang dan gelombang laut sangat tinggi. Speedboad biasanya bertolak dari Tobelo menuju Morotai hanya menempuh waktu kurang lebih dua jam, namun sampai saat ini, Speedboat Najwa tak kunjung tiba,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dan laporan tersebut, Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Norman Faizal, M.Tr.Hanla memerintahkan Tim SAR Lanal Morotai dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut, KAL Wayabula melakukan SAR dan pencarian keberadaan Speedboat Najwa yang hilang kontak tersebut.

Untuk keselamatan para penumpang kapal tersebut, KAL Wayabula langsung bertolak dari Morotai menyisir rute pelayaran Speedboat Najwa. Meski malam telah larut, berjuang menghadapi ombak besar dan cuaca buruk menjadi tantangan bagi tim SAR Lanal Morotai untuk secepat mungkin menemukan Speedboat Najwa.

KAL Wayabula dan Tim SAR Lanal Morotai yang tidak kenal lelah selama kurang lebih tujuh jam mendapatkan hasil. Speed Najwa ditemukan pada hari Rabu, pukul 09.35 di Tanjung Jerewi, Perairan Halmahera Timur. Seluruh penumpang dan ABK dalam keadaan selamat.

Selanjutnya, Speedboat Najwa dievakuasi ke KAL Wayabula menuju Morotai. Adapun ABK terdiri dari Adewan (50) sebagai Motoris, dan Sardi (30) sebagai Jurumudi. Sementara penumpangnya masing-masing Yuli Aswati Pora, M Sahdila Hi Hukumb, M Febrian, Hairul Azam, Rafania Azzahra, dan dua penumpang lainnya belum diketahui identitasnya. Seluruhnya dalam keadaan selamat.

[ TIM ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here