Soal Viralnya Wa Naani yang Tinggal di Gubuk dalam Keadaan Buta, Begini Klarifikasi Camat Kusambi

0
931
Soal Viralnya Wa Naani yang Tinggal di Gubuk dalam Keadaan Buta, Begini Klarifikasi Camat Kusambi
Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya mengunjungi Wa Naani. (Foto: Nirwan/FB.Net)

MUNA BARAT, SULTRA – Baru-baru ini Wa Naani warga Desa Kasakamu, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), viral di media sosial lantaran dalam keadaan buta dia tinggal di gubuk reot.

Untuk memastikan hal itu, Pemerintah Kecamatan Kusambi melakukan kunjungan di rumah nenek berusia 70 tahun tersebut, Sabtu (16/04/2020).

Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa Wa Naani memiliki gubuk kecil yang dijadikan tempat peristrahatannya.

“Ibu Wa Naani tidak senang dan tidak nyaman apabila mendengar suara ribut-ribut atau bising di rumah anaknya sehingga biasanya untuk menghindari hal tersebut yang bersangkutan pergi ke pondoknya untuk mencari kenyamanan,” ungkapnya, Sabtu (16/04/2020).

Jadi, lanjut Ali Mochtar, tidak benar jika Wa Naani tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah setempat, hal ini diperkuat dari keterangan mantan Plt. Kades Kasakamu bahwa yang bersangkutan selalu mendapat jatah Rastra (beras prasejahtera) yang biasanya dapat lebih serta bantuan-bantuan lainnya.

“Yang dimaksud bahwa yang bersangkutan tidak pernah dapat bantuan adalah bantuan rumah sisipan atau bedah rumah. Hal ini disebabkan yang bersangkutan ternyata tidak memiliki identitas kependudukan sah yang dikeluarkan capil,” tuturnya.

“Ini terjadi karena menurut keterangan anak mantunya Kepala RT bahwa pernah ditawarkan untuk dibuatkan KTP dan KK tapi yang bersangkutan menolak karena dia tidak akan kemana-kemana lagi, apalagi sudah buta, dan saat kami konfrontir dengan yang bersangkutan benar adanya demikian,” sambungnya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, tambahnya, ia memerintahkan pada Kepala Desa Kasakamu untuk memfasilitasi penerbitan KTP dan KK yang bersangkutan dengan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan.(*)

Kontributor: Nirwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here