Satgasmar Ambalat XXVI Pastikan Patok Perbatasan Tidak Bergeser

0
177
Satgasmar Ambalat XXVI Pastikan Patok Perbatasan Tidak Bergeser
Prajurit Satgasmar Ambalat XXVI saat melaksanakan Patroli Patok Perbatasan antara Indonesia-Malaysia di Desa Aji Kuning, Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan. (Foto: Ist)

SURABAYA, JATIM — Prajurit Satgasmar Ambalat XXVI, yang berada dibawah kendali operasi Guspurla Koarmada II melaksanakan Patroli Patok Perbatasan antara Indonesia-Malaysia di Desa Aji Kuning, Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), pada Minggu (04/10/2020).

Patroli patok yang dilaksanakan secara rutin ini dipimpin oleh Sertu Marinir Tutut, dan bertujuan untuk mengecek secara langsung keberadaan patok guna memastikan titik koordinat sudah sesuai dengan data serta tidak mengalami pergeseran atau perubahan.

“Sudah kami periksa secara langsung, dan melaporkan kepada satuan atas bahwa patok tersebut tidak bergeser dari titik koordinat. Patok juga dalam kondisi baik, ada 10 patok yang kami periksa secara langsung menggunakan alat GPS,” jelas Sertu Marinir Tutut usai patroli, Minggu (04/10/2020).

Di tempat terpisah, Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmad Eko Rahardjo mengatakan, selain memastikan posisi patok tidak bergeser, tim patroli juga bertugas mencegah tindak kejahatan yang kerap terjadi di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

“Langkah dan upaya yang dilaksanakan oleh pos-pos kami, selain untuk memastikan keamanan dan terlindunginya warga perbatasan, juga untuk mencegah tindak kejahatan serta kemungkinan penyelundupan barang ilegal yang dikirimkan melalui jalur- jalur tikus,” ujar Laksma Rahmad.

Rahmad juga menambahkan, jika yang dilaksanakan oleh Satgasmar Ambalat XXVI sesuai dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, terkait eksistensi unsur-unsur Koarmada II dalam menjaga kedaulatan NKRI.

[TIM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here