Satgas Penanggulangan Covid-19 Koarmada III Siapkan Rencana Operasi Bantuan Kepada Pemda

0
101
Satgas Penanggulangan Covid-19 Koarmada III Siapkan Rencana Operasi Bantuan Kepada Pemda
Sosialisasi penerapan social distancing dan physical distancing di komplek-komplek TNI AL Kota Sorong. (Foto: Istimewa)

SORONG, PAPUA BARAT – Asisten Operasi Panglima Komando Armada (Asops Pangkoarmada) III Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro selaku Komandan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada lll mengatakan, Koarmada III serta Lantamal dan Lanal jajaran menyiapkan Rencana Operasi Perbantuan kepada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota di wilayah kerja masing-masong.

Selain itu, menyiapkan petugas medis, alutsista dan fasilitas kesehatan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19. Selain itu, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III juga aktif berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid Daerah untuk mengatasi dan mencegah wabah Corona di Papua dan Papua Barat, mengupayakan dukungan logistik berupa APD dan Alkes ke Mabesal serta Mabes TNI.

Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III, hari ini Rabu (01/04/2020), kembali melanjutkan sosialisasi penerapan Social Distancing dan Physical Distancing di komplek-komplek TNI AL Kota Sorong.

Satgas tersebut melaksanakan patroli di beberapa komplek TNI AL dan sekitarnya untuk mengimbau dan menyampaikan kepada keluarga besar TNI AL dan masyarakat agar tetap berada di rumah masing-masing, kecuali untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dan harus memakai masker dengan baik dan benar.

Satgas secara bergantian memberikan edukasi kepada masyarakat meskipun berada di dalam rumah masing-masing, sementara yang masih berada di ruang publik diminta secara persuasif sehingga menyadari pentingnya hal tersebut untuk ditaati dan dilaksanakan.

Dalam mengedukasi keluarga besar Koarmada III dan masyarakat, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III menggunakan berbagai media, yaitu pengeras suara di komplek-komplek dan penerangan mobil, brosur, media online dan media massa.

Materi edukasi diawali pentingnya social distancing dan physical distancing, panduan mengisolasi diri, meningkatkan kekebalan tubuh, tips mengurangi risiko tertular Covid-19, cara memakai masker yang benar, tips mengenali dan mencegah Covid-19, dan bersihkan semua permukaan dengan disinfektan serta berbagai protokol lainnya.(*)

Laporan: Kadispen Koarmada III

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here