Puslatdiksarmil Kodiklatal Didik 1000 Prajurit Dikmata TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 1 Tahun 2020

0
334
Puslatdiksarmil Kodiklatal Didik 1000 Prajurit Dikmata TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 1 Tahun 2020
Pembukaan pendidikan yang dilaksanakan di lapangan Samudera Puslatdiksarmil Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo. (Foto: Istimewa)

SIDUARJO, JATIM – Pusat Latihan Pendididikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) sebagai tempat pendidikan pertama dasar keprajuritan kembali mendidik 1000 prajurit dalam program Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 1 Tahun Anggaran 2020.

Pembukaan pendidikan yang dipimpin langsung Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat tersebut dilaksanakan di lapangan Samudera Puslatdiksarmil Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Jumat ( 20/03/2020).

Hadir dalam pembukaan pendidikan tersebut para Pejabat Utama Kodiklatal, diantaranya para Direktur Kodiklatal, Komandan Kodikopsla, Inspektur Kodiklatal, serta para Komandan Kodik, Komandan Puslat dan Komandan Pusdik jajaran Kodiklatal.

Komandan Kodiklata,l Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam seleksi penerimaan prajurit TNI AL, sehingga berhak mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama Angkatan ke-40 Gelombang 1.

Menurutnya, pendidikan dasar militer dan dasar golongan ini sebagai upaya untuk mengubah pribadi para siswa menjadi prajurit matra laut yang mempunyai pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang diwujudkan dalam bentuk naluri tempur, integritas pribadi yang militan serta tanggap, tanggon dan trengginas.

Komandan Kodiklatal ini juga menyampaikan bahwa Dikmata Angkatan ke-40 Gelombang 1 ini akan dilaksanakan selama 9 sampai dengan 11 bulan. Di Puslatdiksarmil akan dilaksanakan pendidikan dasar keprajuritan dan pendidikan dasar golongan selama 5 bulan. Selanjutnya, pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik terkait selama 4 sampai dengan 6 bulan sesuai kejuruan.

“Dalam melaksanakan pendidikan, tunjukkan bahwa saudara adalah pemuda terpilih yang siap dididik untuk menjadi prajurit TNI AL yang bermoral, profesional dan berani serta dapat dibanggakan.” tegas Komandan Kodiklatal, Jumat ( 20/03/2020).

Kepada Komandan Puslatdiksarmil khususnya Komandan Sekolah Tamtama beserta seluruh staf instruktur dan pembimbing siswa Puslatdiksarmil, Komandan Kodiklatal berharap agar dapat melaksanakan program pendidikan tahap dasar keprajuritan dan dasar golongan dengan baik, penuh rasa tanggung jawab tanpa mengorbankan kualitas hasil lulusan.(*)

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here