Proyek Bedah Rumah Tahun 2019 di Desa Lanobake Muna Diduga Bermasalah

0
903
Proyek Bedah Rumah Tahun 2019 di Desa Lanobake Muna Diduga Bermasalah
Salah satu rumah warga yang mendapat program BSPS/Bedah Rumah tampak belum rampung. (Foto: Ist)

MUNA, SULTRA — Proyek Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau Bedah Ruman di Desa Lanobake, Kecamatan Batukara, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga bermasalah.

Bagaimana tidak, para penerima bantuan Bedah Rumah hingga saat ini belum mendapatkan orderan barang yang dimasukkan kepada pendamping.

Bahkan hingga kini terdapat rumah yang sama sekali belum ditinggali lantaran tidak layak huni.

Kepada Fokusberita.net, salah satu penerima bantuan Bedah Rumah, Kamarudin mengungkapkan, sebanyak 20 unit rumah tersebut pengerjaannya tahun 2019 lalu.

Namun pada pengerjaan program ini bermasalah sebab setelah dilakukan konfirmasi di Dinas PUPR Pusat yang berkantor cabang di Kota Kendari pertanggung jawaban kegiatan ini sudah mencapai 100 persen. Kata dia, proyek ini pengerjaannya cacat hukum.

Kemudian, pihak PUPR Pusat telah menghubungi Pendamping Bedah Rumah untuk Desa Lanobake agar menyelesaikan Bedah Rumah hingga September 2020. Tetapi hingga Oktober ini, pernyataan PUPR Pusat hanya isapan jempol.

Lebih parahnya, Senin 19 Oktober kemarin, pihak Pemerintah Desa sebagai panitia dalam Bedah Rumah ini mengundang para penerima bantuan untuk rapat di rumah Bendahara Desa.

Para penerima diberikan uang tunai dengan jumlah yang bervariasi oleh Sekretaris Desa. Ia berdalih bahwa uang tersebut adalah pengganti dari orderan barang yang tidak sampai dan uang HOK yang belum terbayarkan.

“Ia (Sekretaris Desa) membodohi masyarakat dengan menyampaikan seperti ini ‘jika ditanya di luar sana bilang saja kami dikasi barang, jangan bilang uang’,” ujar Kamarudin mencontohkan ucapan Sekretaris Desa Lanobake.

“Seperti itulah Korupsi dan pembodohan yang dilakukan oleh Pendamping Bedah Rumah yang kongkalikong dengan Pemerintah Desa dalam Bedah Rumah 2019,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditayangkan belum ada konfirmas resmi dari Dinas PUPR Kabupaten Muna, Pendamping Desa dan Sekretaris Desa Lanobake perihal Bedah Rumah yang diduga bermasalah ini.(*)

Kontributor: Ros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here