Prajurit Kopaska Kibarkan Bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang Ambalat

0
399
Prajurit Kopaska Kibarkan Bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang Ambalat
Pengibaran Bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang, Ambalat. (Foto: Ist)

SURABAYA, JATIM — Prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang tergabung dalam Satgas Pamtas Guspurla Koarmada II dan on board KRI Diponegoro-365 (DPN-365) melaksanakan penggantian Bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang, Ambalat, Sabtu (25/07/2020).

Proses pergantian dan pengibaran Bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang tersebut, disaksikan langsung oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo.

Ia menjelaskan, jika proses pergantian Bendera Merah Putih tersebut sebagai bentuk atau simbol penegakkan kedaulatan NKRI di perairan Ambalat dan sekaligus menunjukkan eksistensi atau kehadiran TNI, khususnya TNI AL di wilayah tersebut.

“Secara fisik bendera di suar tersebut sudah lama tidak diganti, sehingga warnanya kurang jelas bila dilihat dari jauh, untuk itu perlu diganti dengan yang baru, agar lebih membanggakan,” jelas Rahmat Eko, sapaan karibnya, Sabtu (25/07/2020).

Dia lantas menambahkan bahwa Operasi Pamtas RI-Malaysia di perairan Karang Unarang berada di bawah kendali Guspurla Koarmada II, memiliki tugas pokok melaksanakan proyeksi kekuatan guna mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

“Hal ini sebagaimana instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, bahwa kita harus berupaya semaksimal mungkin menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah perairan Indonesia. Sebab Indonesia memiliki kekayaan laut yang beraneka ragam, serta pulau-pulau yang menarik minat negara lain untuk menguasainya,” ujar Rahmat Eko.

Laporan: Nov/Pen2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here