Perjuangan KRI Albakora-867 Menolong Awud Waroke dan Perahunya yang Terbalik

0
174
Perjuangan KRI Albakora-867 Menolong Awud Waroke dan Perahunya yang Tebalik
Anak Buah Kapal KRI Albakora-86 saat menolong dan mengevakuasi Awud Waroke (38) yang terapung-apung di laut, Selat Sele. (Foto: Ist)

SORONG, PAPUA BARAT — Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), memberikan apresiasi kepada Komandan dan segenap prajurit, Anak Buah Kapal KRI Albakora-867 yang berhasil menolong dan mengevakuasi Awud Waroke (38) yang terapung-apung di laut, Selat Sele di utara Pulau Wawya, Sorong, Papua Barat selama berjam-jam karena perahunya terbalik.

KRI Albakora-867 yang dikomandani Mayor Laut (P) Joko Ariyanto, S.H.,S.T menemukan perahu terbalik dan satu orang korban ketika sedang melaksanakan operasi keamanan laut sehari-hari pada posisi 0°58.5S-131°12.6T atau sekitar enam mil laut dari Sorong, Minggu (06/09/2020). Korban beralamat lengkap di Jalan Baru Kota Sorong.

Menurut Komandan KRI Albakora-867 bahwa pada Posisi 1°00.1 Selatan-131°10.6 Timur, KRI Albakora-867 yang sedang melaksanakan patroli di perairan Sorong, pengawas melaporkan benda terapung yang mencurigakan.

Selanjutnya Perwira Jaga mengambil aksi untuk mendekati benda terapung yang mencurigakan tersebut. Setelah tiba di lokasi kejadian pada posisi 0°58.5S-131°12.6T, didapati satu buah perahu kondisi telah terbalik dengan satu orang korban.

“KRI Albakora-867 menurunkan Sea Rider untuk melaksanakan evakuasi dan pertolongan pertama terhadap korban dan berhasil dievakuasi dengan kondisi tingkat kesadaran 50 %. Selanjutnya dilaksanakan pengecekan dan pertolongan pertama oleh Bintara Kesehatan KRI Albakora-867 dalam keadaan baik dan tidak ada tanda-tanda cedera,” terangnya.

“Selanjutnya, perahu dan pemiliknya Awud Waroke diamankan di geladak KRI Albakora-867 dan tiba dengan selamat di demaga Sagewin Lantamal XIV Sorong,” tutupnya.

Laporan: Kadispen Koarmada III

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here