Penetapan Pasangan RAPI dan RE-BL Dijadwalkan Secara Terpisah

0
552
Penetapan Pasangan RAPI dan RE-BL Akan Dijadwalkan Secara Terpisah
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Muna, Rajiun-La Pili (RAPI). (Foto: Ist)

MUNA, SULTRA — Penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Muna Rajiun-La Pili (RAPI) dan Rusman Emba-Bahrun Labuta (RE-BL) akan dilaksanakan secara terpisah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna.

Untuk pasangan RE-BL penetapannya dilakukan pada tanggal 23 September 2020, sedangkan pasangan RAPI ditetapkan pada 1 Oktober 2020 dan sekaligus pengumuman nomor urut.

“Hal ini dilakukan setelah KPU kembali melanjutkan tahapan Pilkada untuk pasangan RAPI yang sempat ditunda selama 10 hari pasca pendaftaran karena dinyatakan berhalangan,” ungkap Aksa, Ketua Tim RAPI pada fokusberita.net, Jumat (18/09/2020).

Seharusnya, sambung Aksa, penetapan Paslon kepala daerah dilaksanakan 23 September 2020 mengikuti jadwal normal yang ditetapkan dalam PKPU Nomot 10 Tahun 2020 perihal penyelengaraan Pilkada di masa pandemi Covid-19, namun untuk penetapan pasangan LM Rajiun Tumada-H Lapili yang berakronim (RAPI) mundur tanggal 1 Oktober.

Mundurnya jadwal dan penundaan tahapan yang dialami oleh pasangan tersebut merupakan konsekuensi, lantaran hasil Swab telat diserahkan ke KPU

Dimana dalam hasil Swab yang diserahkan oleh Liaison Officer (LO) pada 15 September 2020 menunjukkan bahwa LM Rajiun Tumada negatif Covid-19.

KPU Kabupaten Muna pun langsung menggelar rapat pleno perubahan jadwal tahapan untuk pasangan RAPI.

“KPU akan melakukan tahapan verifikasi dan penelitian berkas Balon dan pencalonan Balon RAPI. Tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan ini dijadwalkan 17-19 September. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RS Bahteramas Provinsi Sultra, dan penyerahan hasilnya tanggal 21 September,” terang Aksa.(*)

Kontributor: Ros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here