Pemda Konsel Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75

0
90
Pemda Konsel Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75
Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sahrin Saudale, M.Si memimpin upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan ke-75 di Halaman Upacara Kantor Bupati Konsel. (Arna/FB.Net)

KONAWE SELATAN, SULTRA — Untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 di Halaman Upacara Kantor Bupati, Selasa (10/11/2020).

Upacara bendera yang dilaksanakan  dengan jumlah peserta terbatas dengan mengutamakan protokol kesehatan ini di pimpin Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sahrin Saudale, M.Si. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Danramil 15 Landono Kodim 1417/Kendari, Kapten Inf Alexander.

Asisten Satu, Sahrin Saudale yang membacakan amanat Menteri Sosial RI Julia P. Batubara mengatakan bahwa Hari Pahlawan tidak sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang mempertaruhkan nyawanya untuk mempertaruhkan kedaulatan NKRI.

“Yang bisa dijadikan inspirasi dan motivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka, yang bukan mengangkat senjata tapi berjuang melawan permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan nusantara,” ujarnya, Selasa (10/11/2020).

Dikesempatan itu, Sahrin juga menyampaikan bahwa nilai-nilai dan semangat kepahlawanan yang terus menyala agar dijadikan motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan dan mewujudkan cita-cita pendiri negeri.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini dengan berempati menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain dalam mengisi kemerdekaan,” sebutnya.

“Selamat Hari Pahlawan, mari buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa lain,” pungkas Sahrin.

Sebagaimana diketahui, selain Pembacaan Pancasila dan UUD 1945, upacara juga diisi dengan pembacaan pesan-pesan perjuangan atau kata mutiara dari pahlawan nasional Ir. Soekarno yang mengatakan “Berikan Aku 1000 Orang Tua, Niscaya Akan Kucabut Semeru dari Akarnya, dan Berikan Aku 10 Pemuda, Niscaya Akan Kuguncang Dunia”. (#)

Kontributor: Arna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here