Pelihara dan Tingkatkan Kemampuan Satuan Teritorial, Korem 143/HO Gelar Latgulbencal Karhutla

0
140
Pelihara dan Tingkatkan Kemampuan Satuan Teritorial, Korem 143/HO Gelar Latgulbencal Karhutla
Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam (Latulbencal) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang akan dilaksanakan selama 5 hari mulai 19 sampai 23 Oktober. (Foto: Penrem 143)

KONAWE SELATAN, SULTRA – Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam (Latulbencal) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang akan dilaksanakan selama 5 hari mulai 19 sampai 23 Oktober 2020 ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam dengan unsur Pemda dan BPBD di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini dikatakan Kapenrem 143/HO, Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Senin (19/10/2020).

“Kegiatan ini dibuka oleh Dandim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo, S.I.P yang mewakili Danrem 143/HO serta melibatkan unsur TNI, Polri, Basarnas, Tagana, Damkar dan Satpol PP,” jelas Kapenrem.

Adapun kegiatan pembukaan latihan dilaksanakan di Lapangan Pancasila Yonif 725/Wrg, Ranomeeto, Konawe Selatan (Konsel).

Menurut Mayor Sumarsono dalam sambutan Danrem yang dibacakan oleh Kolonel Agus Waluyo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, S.E., M.B.A mengatakan bahwa kegiatan latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam penanggulangan bencana alam.

“Latihan terpadu penanggulangan bencana alam ini untuk menyiapkan pasukan di satuan teritorial yang selalu siap siaga bersama unsur Pemda dan BPBD di wilayah Sultra. Hal ini perlu dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta jalinan komunikasi antara satgas penangulangan bencana,” kata Danrem.

“Latihan ini sangat penting dikaitkan dengan kondisi wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang merupakan daerah rawan bencana kebakaran hutan dan lahan yang sewaktu-waktu bisa terjadi sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan semua satgas penanggulangan bencana untuk meminimalisir atau membantu korban yang ada,” sambung Brigjen Jannie.

Adapun latihan ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode drill teknis dan taktis dengan pasukan satu pihak dikendalikan yang melibatkan seluruh personil TNI di wilayah Sultra, Polda Sultra unsur-unsur serta perkuatan dari pemerintah daerah.

“Mengingat pentingnya latihan ini,saya mengharapkan kepada penyelenggara latihan dan pelaku agar melaksanakan latihan ini dengan motivasi, dedikasi dan rasa tanggung jawab yang setinggi-tingginya, sehingga tujuan dan sasaran pelaksanaan latihan dapat tercapai sesuai harapan kita bersama,” pungkas Perwira Tinngi berbintang satu ini.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Latgulbencal Karhutla Kolonel lnf Ardiansyah (Kasi Ops Kasrem 143/HO), Mayor Inf. Muh. Amin S.Ip, (Danyonif 725/Wrg), Mayor lnf Muhammad Guntur (Pasi Ops Rem 143/HO), Mayor Cpm Erik Alamsyah Sinaga (Dandenpom XlV/3 Kendari), Mayor CHK Suwanto (Kakum Rem 143/HO), Kapten Inf Salmar Gona (Danramil 1417-02 Wawotobi), Kapten CBA Jhon Veri, Kapten Cpm Surono, Iptu Mulyono (Danki Yon A Por. Perwakilan dari Brimob Kendari).

Selain itu, hadir pula Brigadir Harsak Yaniang Ningsi (Brimob Kendari), Rudi S.E.(Kasumda Basarnas Kendari), Irham Herman (Komandan Tim Basarnas Kendari), Heri Kuswantu (Rescuer Basarnas Kendari), Laode D.Hidayat (Kasat Pol PP Kendari), Laode Lunsu (Kepala Seksi Damkar Kendari), dan 70 orang Perwakilan Anggota Kodim 1417 Kendari, Anggota Yonif 725/Wrg, Basarnas Kendari, Satpol PP Kendari dan Damkar Kendari.

[ TIM ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here