Netizen: Sebagian ASN di Konsel Belum Terima THR, Irham Kalenggo: Jika Benar Sangat Disayangkan

0
1766
Netizen: Sebagian ASN di Konsel Belum Terima THR, Irham Kalenggo: Jika Benar Sangat Disayangkan
Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo. (Foto: Istimewa)

KONAWE SELATAN, SULTRA — Beredar isu di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) soal adanya sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Konsel hingga kini disinyalir belum menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Hal ini terungkap melalui postingan netizan di salah satu grup media sosial Facebook, Kita Putra Putri Konsel (KPPK).

Seperti yang ditulis akun Yamin Nuhung Tongasa :

“Kisruh THR Tunjangan Hari Raya yg sampai detik ini msh ada OPD yg belum di bayarkan, maka Mohon bpk Irham Kalenggo selaku ketua DPRD KONSEL dan Para Legislator untuk menyikapi hal ini krn Pemda Konsel sdh tdk bisa diharap lagi. Banyak yg belum bayar Zakat Fitrah dan keperluan lainnya hanya krn menanti THR yg tak kunjung dibayarkan,” katanya.

Senada, juga disampaikan akun Arzaqun Mende :

“Tunjangan THR ASN merupakan hak warga asn seogianya pemda konsel sedapat mungkin untuk mendistribusikan hal tersebut…
Informasinya sampai dgn pagi ini belum pemberian tunjangan THR sementara pemerintah pusat sudah mendiatribusikan anggarannya. Dan besarannya disesuaikan dengan standar gaji asn atau golongannya… Lalu kalau belum masuk di rekening asn sampai saat ini. Pertanyaanya :
1. Apakah anggaran THR tidak ada???
2. Apakah pemda konsel tidak memiliki anggaran cukup untukmembayarkan THR ASN?
3. Kalau pemda konsel anggaran THR asn ada, kenapa belum dibayarkan THRnya?
4. Dimana anggarannya diii???
ASN konsel mulailah intip2 untuk calon yang paham dengan pengelolaan keuangan daerah….
DEFISITKAH KEUANGAN PEMDA KONSEL???????,” tulisnya.

Terkait hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konsel, Irham Kalenggo S.Sos, sangat menyayangkan hal itu jika benar-benar terjadi. Semestinya kata dia, seluruh THR ASN sudah Selesai dibayarkan sebelum hari raya Idul Fitri.

“Kalau memang itu terjadi kita sangat sayangkan, kenapa seluruh kabupaten kota sudah membayarkan THR kok hanya Konsel yang belum, atau mungkin baru sebagian,” imbuhnya, Jumat (21/05/2020).

Dengan kondisi pandemi Corona seperti saat ini,  sambungnya, THR menjadi salah satu yang diharapkan para ASN, pencairannya pun harus dilakukan supaya bisa digunakan untuk keperluan membayar zakat dan belanja menyambut lebaran bulan ini.

“Yah mau bagaimana lagi, waktu sudah mepet. Besok (Sabtu) sudah mau libur. Padahal masyarakat hari ini sangat membutuhkan, khususnya teman-teman ASN. Apalagi orang-orang lagi pada kena dampak pandemi Corona, lalu kemudian Pemda belum membayarkan atau sebagian membayarkan itu sangat kita sayangkan,” ucapnya.

“Kami juga pusing mau mengurusnya karena waktu yang begitu mepet. Paling juga kita hanya bisa telepon para Kadis yang bersangkutan, kenapa bisa, apa masalahnya, kenapa tidak dibayarkan? Kalau saya, sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak dibayarkan, kira kira itu,” tambahnya.

Ketua DPRD mengharapkan persoalan seperti ini tidak terulang lagi kedepannya.

“Momentum Idul Fitri adalah moment yang diharapkan oleh keluarga besar kita ASN, khususnya yang beragama Islam. Kenapa pemerintah sampai mengeluarkan gaji 13, tunjangan THR dan lain-lain, itu karena dianggap sangat penting peruntukannya,” pungkasnya.

Sampai berita ini ditayangkan belum ada pernyataan resmi dari pihak Pemda Konsel.(*)

Kontributor: Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here