Nama di KTP dan Ijazah Cakada Berbeda, Mesti Putusan Pengadilan, KPU dan Bawaslu Muna Jangan Main Mata

0
1303
Nama di KTP dan Ijazah Cakada Berbeda, Mesti Putusan Pengadilan, KPU dan Bawaslu Muna Jangan Main Mata
Umar Bonte. (Foto: Ist)

MUNA, SULTRA — Salah satu temuan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna adalah soal lolosnya berkas salah satu calon Bupati Muna Rusman Emba (RE) yang memiliki perbedaan nama di KTP-el dengan Ijazahnya.

Menurut salah seorang Praktisi Hukum Sulawesi Tenggara Umar Bonte, saat pelaksanaan verifikasi berkas seharusnya KPU dan Bawaslu tidak bermain mata, karena keduanya bukan tim sukses pasangan calon melainkan sebagai penyelenggara.

“Jika ada temuan pada salah satu Paslon yang berkasnya tidak sesuai identitas asli, sebagai penyelenggara KPU menolak berkas tersebut. Bukan meloloskan dan menetapkannya sebagai pasangan calon sebelum ada putusan pengadilan sebagai keabsahaan identitasnya,” ungkapnya pada media ini, Jumat (02/10/2020).

Anehnya, meski belum ada keputusan dari Pengadilan Negeri (PN) namun KPU Muna sudah menetapkan Rusman Emba-Bachrun Labuta sebagai pasangan calon.

“Rusman Emba dalam berkasnya bukan identitasnya yang asli, dimana pada KTP-el bernama La Ode Muhammad Rusman Emba sementara di Ijazah SMU dan S1 tertulis La Ode Muhammad Rusman Untung,” ujar Umar Bonte.

Hal ini, lanjut Umar Bonte, bertentangan dengan peraturan PKPU-RI No. 10 Tahun 2020, pada poin 7 No. 16 menjelaskan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota atau Bupati dan Wakil Bupati yang selanjutnya disebut pasangan calon adalah Bakal Calon yang telah memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai peserta pemilihan.

Oleh sebab itu, penetapan Rusman Emba sebagai Calon Kepala Daera (Cakada) sebelum ada putusan PN tidak memenuhi syarat dan cacat adminitrasi. Sehingga harus didiskualifikasi. Masalah ini harus menjadi perhatian KPU dan juga nanti akan dilapor ke DKPP.

“Perbedaan nama pada KTP-el dan Ijazah mesti melalui putusan pengadilan. Putusan pengadilan dimaksudkan untuk menguatkan bahwa nama yang tertulis di Ijazah dan KTP-el yang dimaksud adalah orang yang sama,” tutupnya.(*)

Kontributor: Ros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here