Mantan Plt Kades: Saya Tidak Berhak Berhentikan Guru PAUD, SH Tunjuk Sendiri Penggantinya

0
723
Mantan Plt Kades: Saya Tidak Berhak Berhentikan Guru PAUD, SH Tunjuk Sendiri Penggantinya
TK Dharmawanita Desa Lakawoghe. (Nirwan/FB.Net)

MUNA BARAT, SULTRA — Mantan Plt. Kepala Desa (Kades) Lakawoghe, LOA menegaskan insentif SH selaku tenaga pengajar di sekolah PAUD TK Dharmawanita Desa Lakawoghe dihentikan setelah yang bersangkutan terpilih menjadi Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Jadi, saya tidak pernah memberhentikan dia (SH) sebagai guru PAUD TK Dharmawanita, akan tetapi insentifnya sebagai guru PAUD yang bersumber dari Dana Desa kami hentikan setelah SH terpilih jadi anggota BPD supaya tidak double insentif,” tegas LOA ditemui media ini, Jumat (04/09/2020).

Dikatakan LOA, dasar pemberhentian insentif SH yang bersumber dari DD itu merujuk pada Permendagri 110 Tahun 2016, Pasal 26, Anggota BPD tidak bisa double jabatan.

“Ada juga Berita Acara yang Pemerintah Desa buat saat itu,” katanya.

Penghentian insentif tersebut, pasca SH menunjuk RL sebagai penggatinya menjadi tenaga pengajar di PAUD TK Dharmawanita Desa Lakawoghe.

“Saya tidak punya hak mengangkat dan memberhentikan guru PAUD. Bendahara Desa melapor ke saya selaku Plt (pelaksana tugas) kepala desa saat itu bahwa SH mencari sendiri penggantinya menjadi guru PAUD dan nama RL lah sebagai penggantinya. RL mulai mengajar sejak bulan Agustus 2019,” jelasnya.

Adapun SK yang dikeluarkan oleh pemerintah desa kala itu sebagai dasar dalam pemberian insentif kepada RL selaku tenaga pengajar PAUD Dharmawanita Desa Lakawoghe, menggantikan SH.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Bendahara Desa Lakawoghe, LS. Menurut penuturannya, meski SH tidak lagi sebagai penerima insentif, namun masih menerima setengah insentif dari RL sejak Agustus hingga Desember 2019.

“Dia (SH) yang mencari penggantinya dan bahkan menerima setengah insentif dari RL sampai Desember masih menduga kami menggelapkan dana insentif guru PAUD, ini kan lucu,” ketusnya.(*)

Kontributor: Nirwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here