Mahasiswa IAIN Kendari Tuntut Keringanan UKT

0
457
Mahasiswa IAIN Kendari Tuntut Keringan UKT
Mahasiswa IAIN Kendari. (Foto: Istimewa)

KENDARI, SULTRA — Pandemi virus Corona (Covid-19) membawa sejumlah dampak terhadap kehidupan dan ekonomi masyarakat. Banyak sekali keluhan yang disampaikan termasuk di sektor pendidikan.

Orang tua mahasiswa mengeluhkan biaya kuliah anaknya yang cukup besar lantaran penghasilan tidak memadai akibat Covid-19.

Dengan kondisi seperti ini maka tidaklah heran jika ada mahasiswa terancam cuti akibat tidak sanggup membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Demikian juga dengan kampus akan mengalami kerugian besar dan mati suri jika mahasiswanya memilih cuti dikarenakan tidak mampu bayar semester.

Berita Terkait: Mahasiswa Tuntut Keringanan UKT, Begini Tanggapan Kampus IAIN Kendari

Sarman, Mahasiswa IAIN Kendari yang berlatar belakang orang tua kurang mampu merasa prihatin dengan kebijakan kampus yang tetap memberlakukan pembayaran UKT semasa pandemi Corona.

“Saya tidak sanggup jika pihak kampus tetap memaksakan untuk mendesak mahasiswa membayar UKT di semester ganjil ini,” keluhnya ditemui awak Fokusberita.net, Kamis (11/06/2020).

Sarman berharap kepada pihak Kampus khususnya kepada Rektor selaku pimpinan kampus agar memberikan keringanan pembayaran UKT mahasiswa.

“Jika pembayaran UKT tidak ada keringanan maka saya pribadi dan mewakili Mahasiswa IAIN Kendari dengan tegas menolak pembayaran UKT,” tegasnya.

Dikatakannya setiap Pimpinan (Rektor) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mempunyai hak prerogatif dalam mengambil keputusan terkait kebijakan pengurangan pembayaran UKT di masa pandemi ini. Khususnya, mahasiswa yang ekonominya dibawah rata-rata.

“Untuk itu, kami meminta dengan sangat kepada Ibunda Rektor IAIN Kendari agar kiranya memberikan kebijakan pengurangan pembayaran UKT. Kalau tidak ada kebijakan, maka kami akan terus menuntut keadilan,” tandasnya.(*)

Kontributor: Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here