Lolos Uji CAT, Sekdes Mentosari Tak Kunjung Dilantik, Ada Apa?

0
374
Lolos Uji CAT, Sekdes Mentosari Tak Kunjung Dilantik, Ada Apa?
Ilustrasi

BATANG, JATENG – Warga Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang belakangan ini ramai membicarakan polemik Sekretaris Desa (Sekdes) yang baru atau Carik yang tak kunjung dilantik dan terus berlanjut bahkan sudah semakin meruncing permasalahannya.

Eko Nugroho, Sekdes terpilih belum bisa dikonfirmasi awak media yang hingga saat ini belum juga dilantik oleh sang Kepala Desa (Kades).

Sedangkan beredar isu dikalangan warga setempat tentang adanya dugaan jual beli jabatan dengan nominal cukup tinggi, yakni sekitar kurang lebih Rp200 Juta yang diduga diterima oleh sang Kades Mentosari dari satu calon Sekdes yang ternyata setelah mengikuti tes CAT tidak lolos.

Guna memastikan kebenaran isu tersebut awak media mencoba untuk melakukan klarifikasi ke Kades, namun sampai berita ini dirilis belum bisa ditemui.

Sementara Ketua Karang Taruna, Muh Tholib, yang juga sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Mentosari mengungkapkan bahwa Sekdes terpilih tak kunjung dilantik hingga saat ini ditengarai akibat penolakan pelantikan dari sekelompok warga (Paguyuban) yang tergabung dalam golongan Cokro Bangkit.

“Saya salah satu warga Desa Mentosari, saya mendapatkan informasi bahwa akan diadakan pencoblosan, namun ada penolakan dari golongan Cokro Bangkit dengan mengatasnamakan masyarakat, kemudian yang bikin saya jengkel mereka itu orang gak tau apa-apa terkait persoalan itu, anggota golongan cuma disuruh datang buat memilih voting atau coblosan untuk Febri Adiyono padahal si Eko Nugroho yang jelas sudah lolos CAT udah fiks,” ungkapnya, Jumat (13/11/2020).

Tholib menambahkan, sebagai warga, dirinya akan tetap mengikuti peraturan yang ada di desa. Jika berbicara suara demokrasi, anggota Cokro Bangkit yang hadir saat itu hanya sekitar 40 orang. Sedangkan bila dibandingkan dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) di Desa Mentosari jumlahnya kurang lebih mencapai 2 ribuan.

“Semua orang yang hadir saya tanya, ini yang mau melakukan voting pencoblosan yang hadir disini atau semua masyarakat Mentosari atau hanya golongan Cokro Bangkit? Tidak ada satu pun yang menjawab, lha wong saya itu paham semua disitu ada pak’dhe saya, kakak saya, dan pak’lek saya,” ujar Tolib sembari menghitung-hitung jari tangannya.

Sampai berita ini ditayangkan, awak media belum mendapatkan konfirmasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) atas masalah tidak dilantiknya Sekdes terpilih oleh Kades Mentosari.(*)

Kontributor: Fajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here