Listrik di Maligano Sering Padam Tanpa Pemberitahuan, Warga Kritik PLN

0
399
Listrik di Maligano Sering Padam Tanpa Pemberitahuan, Warga Kritik PLN
Muhammad Hijra. (Foto: Ist)

MUNA, SULTRA — Pemadaman listrik beberapa hari terakhir di Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) sering kali terjadi sehingga masyarakat setempat menjadi resah.

Hal ini diungkapkan pemuda Maligano, Muhammad Hijra, kepada awak media ini, Sabtu (11/07/2020).

Kata dia, pemadaman listrik ini kerap terjadi secara tiba-tiba tanpa didasari pemberitahuan awal, sehingga tidak ada antisipasi dari masyarakat.

“Pihak PLN harusnya menyampaikan apa yang menjadi kendala sehingga listrik ini sering padam. Kan banyak cara untuk menyampaikan kepada masyarakat baik melalui petugas PLN Kecamatan Maligano maupun lewat media online,” keluh Muhammad Hijra.

“Ini seakan pihak PLN mengalami kebisuan tidak beritahu masyarakat apa penyebab dari pemadaman listrik sehingga masyarakat bertanya-tanya, ada apa dengan listrik di Maligano kenapa setiap hari padam,” tambahnya.

Padahal pada Desember 2019, dia dan sejumlah pemuda Desa Maligano sudah melakukan aksi di PLN Cabang Baubau.

Pada saat hearing kata Petugas PLN, tindakan pemadaman listrik yang terjadi di Kecamatan Maligano, Muna Timur, difaktorkan berbagai gangguan, baik itu dari binatang, hingga pohon-pohon yang terbanting dan berada di kisaran kabel listrik.

Pihak PLN pun berjanji akan menindak lanjuti keluhan masyarakat di awal tahun 2020, tetapi faktanya pemadaman listrik sudah menjadi potret yang sangat menyedihkan bagi masyarakat Muna bagian timur, khususnya Kecamatan Maligano.

“Kalau memang pihak PLN Cabang Baubau tidak mampu melayani kami sebaiknya mesin PLN Kecamatan Maligano yang telah dibawah di Tomia (Wakatobi) segera di kembalikan, kami juga sebagai masyarakat tidak mau dirugikan dengan adanya pemadaman listrik ini. Kewajiban kami setiap bulannya kami sudah penuhi, kok hak kami yang diberikan tidak maksimal,” tegas Muhammad Hijra.(*)

Kontributor: Ros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here