Lestarikan Permainan Tradisional, Mahasiswa dan Pemuda Umba Gelar Festival

0
371
Lestarikan Permainan Tradisional, Mahasiswa dan Pemuda Umba Gelar Festival
Umba Festival yang diselenggaran oleh Keluarga Besar Mahasiswa dan Pemuda Desa Umba, Kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Mubar. (Nirwan/FB.Net)

MUNA BARAT, SULTRA — Umba Festival yang diselenggaran oleh Keluarga Besar Mahasiswa dan Pemuda Desa Umba, Kecamatan Napano Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung meriah, Sabtu (05/09/2020).

Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis 04 Agustus 2020, yang dihadiri langsung oleh Camat Napano Kusambi, Kepala Desa Umba, Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Umba, Laode Alwi Haidatul mengungkapkan, dirinya mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa dan Pemuda Desa Umba tersebut.

Respon positif masyarakat dalam mengikuti festival ini, lanjut Kades, akan dijadikan acuan kedepan dalam melaksanakan kegiatan agar dibuat lebih meriah lagi nantinya.

“Ini masih dalam skala kecil karena masih dalam suasana pandemi, namun kedepannya penyelenggaraan lomba permainan tradisional akan melibatkan seluruh masyarakat di jazirah pulau Muna,” ujarnya.

Ketua Panitia, Laode Rude mengatakan, kegiatan ini merupakan permainan anak di tahun 90-an sebelum adanya Handphone seperti sekarang.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk perlombaan seperti Ase, Kalego dan Kalapinda.

“Antusias masyarakat mengikuti lomba ini diluar dugaan kami selaku panitia. Insha Allah kegiatan semacam ini kami akan terus laksanakan bahkan lebih meriah di banding tahun ini,” katanya.

“Harapan kami dari kegiatan ini permainan tradisional tidak hilang seiring perkembangan zaman,” harapnya.(*)

Kontributor: Nirwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here