Lanal Sangatta Amankan 19 Gram Sabu-sabu dan Miras Ilegal Jenis CT

0
213

KUTAI TIMUR, KALTIM — Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sangatta yang di Komandani oleh Letkol Laut (P) Osben A. Naibaho dibawah Lantamal XIII Tarakan jajaran Koarmada II berhasil mengamankan kurir dan sabu-sabu seberat 19 Gram serta 35 liter minuman keras (Miras) ilegal jenis CT (Cap Tikus) bertempat di Dermaga Seriung Desa Manubar, Kecamatan Sandaran, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Kamis (08/10/2020) waktu setempat.

Kejadian penangkapan bermula ketika anggota Posmat TNI AL Manubar menerima informasi bahwa KM. Cahaya Berkah 77 yaitu Kapal Pasar Malam atau kapal pembawa bahan sandang pangan dari Palangsiang Sulawesi Tengah yang sedang sandar di Dermaga Seriung Desa Manubar, Kecamatan Sandaran, Kabupaten Kutai Timur diduga menjadi sarana masuknya peredaran narkoba jenis Sabu di Desa Sandaran.

Menurut keterangan Osben sapaan akrab Danlanal Sangatta, begitu dapat informasi yang akurat. Anggota Posmat TNI AL Manumbar segera melaksanakan pemeriksaan terhadap Kapal yang sudah menjadi target. Alhasil ditemukan barang mencurigakan dalam kantung plastik berupa 4 bungkus.

“Kemudian kapal beserta ABK dan penumpang dibawa ke Posmat TNI AL Manubar dan langsung dilaksanakan pemeriksaan terhadap ABK dan membuka 4 bungkus yang mencurigakan tersebut dan didapati barang bukti yang diduga paket sabu-sabu berjumlah 11 bungkus paket kecil, 1 bungkus paket besar dan alat hisap sabu-sabu serta ditemukan pula 35 liter minuman keras jenis CT (Cap Tikus),“ jelasnya.

“Selanjutnya para ABK, penumpang dan barang bukti diamankan dari Posmat TNI AL Manubar menuju Lanal Sangatta untuk dilaksanakan proses dan penyelidikan lebih lanjut,“ tambah Osben.

Sementara ditempat terpisah, Pangkoarmada II, Laksda TNI I N.G. Sudihartawan mengapresiasi positif keberhasilan Lanal Sangatta dalam mengungkap peredaran Narkotika yang bisa merusak generasi bangsa.

“Ini merupakan kado terindah bagi saya dimana sehari setelah menjabat sebagai Pangkoarmada II, Lanal Sangatta jajaran Koarmada II telah berhasil menggagalkan upaya peredaran barang haram yang bisa merusak generasi muda Indonesia dan saya berharap hal-hal positif seperti ini akan diikuti oleh Lantamal maupun Lanal jajaran Koarmada II lainnya dalam menegakkan kedaultan dan hukum di wilayah laut NKRI,“ tandasnya.

Laporan: Hdx/Pen2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here