KRI dr. Soeharso-990 Sediakan Pendamping Psikiater untuk Jaga Kesehatan Mental WNI Kru Diamond Princess

0
127
KRI dr. Soeharso-990 Sediakan Pendamping Psikiater untuk Jaga Kesehatan Mental WNI Kru Diamond Princess
KRI dr. Soeharso-990 menyediakan pendamping psikiater untuk WNI Kru Diamond Princess. (Foto: Istimewa)

KEPULAUAN SERIBU, JAKARTA – Selain kondisi kesehatan fisik ke 69 Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai ABK Diamond Princess menjadi perhatian utama selama berada di KRI dr. Soeharso-990, kesehatan psikis atau mental mereka juga menjadi perhatian tim Satgas Corona dari TNI AL.

Perhatian tersebut berupa pendampingan yang dilakukan oleh personel dari Dinas Psikologi TNI, yang diberikan kepada para WNI saat mereka menumpang KRI dr. Soeharso menuju tempat observasi di Pulau Sebaru Kecil, di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Seperti yang terlihat pada Selasa pagi (03/03/2020) di geladak heli kapal Rumah
Sakit TNI AL dari jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada II tersebut.

Usai melaksanakan olahraga pagi, tim psikologi memberikan pendampingan berupa permainan interaktif yang melibatkan ke 69 ABK. Pastinya yang terjadi adalah keseruan dan kegembiraan dari mereka begitu mengikuti permainan yang membutuhkan konsentrasi dan kekompakan dari peserta.

“Kegiatan games ini kita berikan kepada supaya mereka merasa rileks dan semangat selama menjalani observasi di kapal. Dilakukan secara interaktif dan atraktif agar tetap bugar sehingga menunjang kondisi para ABK supaya tetap fit,” terang Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi, selaku Dansatgas, Selasa (03/03/2020).

Rachmad sapaan karibnya menambahkan, aktivitas seperti ini juga diberikan kepada ABK World Dream beberapa waktu lalu. Adanya games interaktif diharapkan mampu menumbuhkan jalinan kebersamaan diantara ABK Diamond Princes untuk saling support.

“Adanya kebersamaan dan saling mendukung satu sama lain, diharapkan mereka bisa menerima dengan mudah kondisi saat ini yang terjadi pada diri mereka yang terdampak virus Corona. Kita juga berikan konseling secara personal agar mereka tetap semangat dan percaya diri, “ tandas Rachmad.

Sementara itu pemeriksaan kesehatan juga dilakukan sebagai prosedur tetap oleh petugas kesehatan gabungan dari Diskes Koarmada II dan Kemenkes RI, dalam hal ini Kantor Kesehatan Pelabuhan. Petugas kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh dengan Thermal Gun untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka.

Laporan: Hdx/Pen2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here