Kotak Hitam Pesawat Sriwijaya Air SJ 128 Akhirnya Ditemukan

0
143
Kotak Hitam Pesawat Sriwijaya Air SJ 128 Akhirnya Ditemukan
Ilustrasi Black Box (Kotak Hitam)

JAKARTA — Bagian dari Black Box atau Kotak Hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Flight Data Recorder (FDR) akhirnya ditemukan di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta, hari ini, Selasa (12/01/2021), pukul 16.40 WIB.

Tim SAR gabungan sampai dengan saat ini terus melanjutkan pencarian terhadap Voice Recorder (CVR) atau perekam suara Kokpit (bagian lain dari Black Box).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers di Terminal JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara mengharapkan, CVR segera ditemukan untuk membantu Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam melakukan penyelidikan terkait penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air tersebut.

“Saya yakin dengan kerja yang profesional dan didukung dengan peralatan yang mumpuni dari KRI Rigel dan Baruna Jaya maka pencarian Cockpit Voice yang titiknya sudah ditemukan hari ini juga bisa kita temukan,” ujarnya.

Flight Data Recorder (FDR) Sriwijaya Air SJ-182 yang sudah ditemukan tersebut akan segera dianalisis oleh KNKT.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya SJ 182 route Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (09/01/2021) sore sekitar pukul 14.40 WIB.

Pasawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut sebanyak 62 orang, terdiri dari 6 kru pesawat, 46 penumpang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi.

Editor: Salamun Sofian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here