Komsos Babinsa Cegah Penyebaran Covid-19, Warga Ikuti Imbauan Pemerintah

0
253
Komsos Babinsa Cegah Penyebaran Covid-19, Warga Ikuti Imbauan Pemerintah
Komsos Babinsa Kodim 1417/Kendari dilakukan dari rumah ke rumah untuk cegah penyebaran virus Covid-19 di wilayah binaan. (Foto: Istimewa)

KENDARI, SULTRA – Komunikasi Sosial (Komsos) Babinsa Kodim 1417/Kendari dilakukan dari rumah ke rumah untuk cegah penyebaran virus Covid-19 di wilayah binaan dengan mengimbau warga binaan agar tetap tenang namun waspada dengan penyebaran virus tersebut.

Selain Komsos, Sosialisasi dan Patroli Keliling bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga berlangsung untuk memaksimalkan penyampaian informasi kepada masyarakat pelosok tentang cara pencegahan penularan Covid-19, kebijakan pemerintah dalam menangkal penyebaran Covid-19 dengan mencanangkan Social Distancing atau menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak dan menghindari semua pertemuan yang melibatkan orang banyak.

Komandan Kodim (Dandim) 1417/Kendari, Kol Inf Drs. Alamsyah M.Si mengatakan, kegiatan Babinsa Komsos dan patroli keliling untuk sosialisasi tentang pencegahan virus Corona (Covid-19) kepada warga binaan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dengan cara mengikuti imbaun dan instruksi pemerintah yang disosialisasikan Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Mari bersama dukung pemerintah cegah penyebaran virus, dengan Isolasi Mandiri selama 14 hari. Isolasi mandiri bertujuan untuk mencegah membludaknya pasien virus Corona di rumah sakit dan mencegah penyebaran Covid-19 ke warga yang rentan,” imbaunya, Senin (23/03/2020).

Menurut surat edara Menteri Kesehatan, orang yang sebaiknya mengisolasi diri adalah mereka yang memiliki gejala Covid-19, termasuk demam, batuk, pilek, dan sakit pernapasan. Semua itu gejala dalam kategori ringan. Selain itu, mereka yang memiliki riwayat bepergian ke negara dan daerah penularan Covid-19 juga disarakankan untuk melakukan isolasi mandiri.

Dandim juga menambahkan, saat ini pemerintah terus melacak orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif virus Corona. Namun, tak semuanya akan menjalani perawatan di rumah sakit, tapi dapat memilih isolasi secara mandiri.

Hal serupa juga disampaikan Babinsa Kodim 1417- 15 Landono, Sertu Muh. Jufri saat Komsos dengan warga bahwa pada umumnya warga memahami akan wabah virus Corona, namun mereka tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa.

“Warga yang seperti ini kami datangi keluarganya dan berikan pemahaman lebih mendetail pencegahan dan dampak virus Corona apabila terjangkit,” ujar Babinsa.

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here