Koarmada III dan Jajaran Antisipasi Skenario The New Normal

0
129
Koarmada III dan Jajaran Antisipasi Skenario The New Normal
Acara Entry Briefing melalui video conference yang diikuti para Komandan Lantamal, Komandan Lanal, dan Kafasharkan. (Foto: Istimewa)

SORONG, PAPUA BARAT — Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) mengimbau kepada para Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal), Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal), serta Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) jajaran Koarmada III untuk mengantisipasi dini skenario ‘The New Normal’ di lingkungan Koarmada III dan wilayah kerja masing-masing. Perlu diperhatikan pelaksanaan prosedural cara kerja, budaya kerja serta tata kelola organisasi yang fleksibel.

“Kita harus menyikapi wabah pandemi ini dengan disiplin sesuai protokol kesehatan Covid-19. Dukung dan bantu pemerintah daerah/gugus tugas daerah dalam melaksanakan percepatan penanganan Covid-19,” tegas Pangkoarmada III pada acara Entry Briefing melalui video conference yang diikuti para Komandan Lantamal, Komandan Lanal, dan Kafasharkan di Markas Komando masing-masing, Senin (08/06/2020).

“Prajurit Koarmada III dan keluarga juga harus melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan penuh rasa tanggungjawab dan disiplin dalam masa-masa pandemi covid-19 saat ini,” sambung Pangkoarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah dan para Asisten Pangkoarmada III.

Seperti diketahui bahwa wilayah kerja Koarmada III terdiri dari empat Komando Pelaksanaan Dukungan diantaranya Lantamal IX Ambon, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke dan Lantamal XIV Sorong, tujuh lanal, diantaranya Lanal Tual, Lanal Biak, Lanal Ternate, Lanal Saumlaki, Lanal Aru, Lanal Timika, Lanal Morotai, serta dua Fasharkan yaitu Manokwari dan Ambon.

Menurut Pangkoarmada III, segala kebijakan dan optimalisasi kegiatan keberlanjutan Koarmada III harus sejalan juga dengan kebijakan Panglima TNI dan Kasal. Untuk itulah, Pangkoarmada III mengulas kembali penekanan Panglima TNI pada saat Rapim TNI 2020, utamanya yang berkaitan langsung dengan kegiatan Koarmada III. Disampaikan juga penekanan khusus Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada saat entry briefing Kasal tanggal 20 Mei 2020.

Selanjutnya, Pangkoarmada III memberikan berbagai arahan dan penekanan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas yang dimulai pada bidang Inspektorat, Intelijen, operasi dan Latihan, Perencanaan dan anggaran, Logistik, Personel, Pembinaan potensi maritim, serta Komunikasi dan elektronika.

Acara tersebut berlangsung dialogis yang ditandai para Komandan Lantamal, Komandan Lanal serta Kafasharkan memberikan informasi dan saran-saran sebagai pertimbangan Pangkoarmada III dalam pengambilan keputusan.(*)

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here