Kepala Kemenag Baubau: Dana ZIS Harus Dikelola Dengan Profesional dan Akuntabel

0
415
Kepala Kemenag Baubau: Dana ZIS Harus Kelola Dengan Profesional dan Akuntabel
Serah terima Jabatan/Dokumen UPZ. (Foto; Istimewa)

BAUBAU, SULTRA — Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka Kan Kemenag) Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali menyampaikan dana Zakat, Infaq dan Sedakah (ZIS) pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) harus dikelola dengan profesional dan akuntabel.

Hal itu disampaikan usai menyaksikan serah terima jabatan beserta dokumen Zakat dari kepengurusan UPZ Kan Kemenag Kota Baubau Periode 5 Tahun sebelumnya kepada kepengurusan yang baru periode 2020-2025 (Penyerahan dari Ketua Sebelumnya H. Rustam, S.Ag., M.Si pada Ketua yang baru Khairiyati Rahmah, S.HI., M.HI).

“Dalam mengelola dana Zakat Infaq dan Sedakah (ZIS) Aparatur Sipil Negara Kemenag Kota Baubau harus profesional dan akuntabel, sampaikan laporan penerimaan dan penggunaan dana minimal empat kali setahun bila perlu sekali sebulan,” tegas H. Rahman Ngkaali, Jumat (19/06/2020).

Kepada pengurus baru ia berharap untuk dapat merumuskan penggunaan dana UPZ sesuai dengan peruntukannya. Dan khusus dana sosial dia berpesan agar pengurus dapat memprogramkan kegiatan yang tidak hanya bersifat dan berdimensi dunia semata, tetapi juga bersifat dan berdimensi ukhrawi sebagai amal jariah.

“Selain itu, bagi kepengurusan yang dimisioner saya atas nama pribadi dan Kepala Kantor Kemenag Baubau mengucapkan terima kasih atas dedikasi, pengabdian bapak, ibu di UPZ Kemenag Kota Baubau, mudah-mudahan bernilai ibadah,” ucap H. Rahman Ngkaali.

Untuk diketahui, dana UPZ merupakan infak dan sedekah yang bersumber dari tunjangan kinerja ASN Kemenag Baubau (bertugas di Kantor Kemenag Baubau dan KUA) dan atau tunjangan profesi guru di lingkup Kementerian Agama Kota Baubau selain MTsN 1 dan MAN 1 Baubau.

Kegiatan ini turut dihadiri Pengurus UPZ dimisioner dan pengurus yang baru. Kegiatan berlangsung di ruang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau.(*)

[TIM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here