Kemenag Kota Baubau: Layanan Publik, Urusan Keagamaan Terus Berjalan

0
204
Kemenag Kota Baubau: Layanan Publik, Urusan Keagamaan Terus Berjalan
Rapat dan Penyerahan Vitamin C. (Foto: Istimewa)

BAUBAU, SULTRA — Pada Era New Normal atau tatanan normal baru Kemenag tetap menyelenggarakan urusan pemerintahan pada bidang agama sesuai tugas pokok dan fungsi dengan menerapkan protokol kesehatan pada sektor layanan publik yang telah ditetapkan oleh instansi berwenang.

Hal itu disampikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka Kan Kemenag) Kota Baubau saat memimpin rapat evaluasi penerapan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 16 tahun 2020 tentang sistem kerja pegawai Kementerian Agama dalam tatanan normal baru dan evaluasi penggunaan absen online di lingkungan Kemenag Kota Baubau, Rabu (16/06/2020).

Ka Kan Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali dalam arahannya mengatakan, pada konteks daerah Kota Baubau yang masih tergolong zona merah karena suasana pandemi Covid-19, maka pertama harus bisa memastikan tugas dan fungsi serta pelayanan publik pada satuan kerja atau unit kerja di lingkungan Kementerian Agama Kota Baubau berjalan lancar dan efektif untuk bisa mencapai kinerja lembaga.

Kedua, pola pelayanan yang diterapkan harus dapat mencegah dan mengendalikan penyebaran serta mengurangi resiko Covid-19 di area pelayanan publik Kemenag Kota Baubau.

“Karena itu, disamping tuntutan produktifitas kinerja yang perlu ditingkatkan juga harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat yang membutuhkan layanan di Kemenag Kota Baubau,” ungkapnya.

Karenanya, kata Ka Kan Kemenag Kota Baubau, perlu menyesuaikan dengan sistem kerja pegawai dalam tatanan new normal ini, sebagaimana SE Menpan RB Nomor 58 tahun 2020 tentang sistem kerja pegawai ASN dalam tatanan normal baru, sebagaimana telah ditindaklanjuti melalui SE Menteri Agama Nomor 16 dan juga surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor B-1837.

Keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang agama dan pelayanan publik harus tetap berjalan dan seluruh ASN Kemenag Baubau perlu memperhatikan Kesehatan dan keselamatan kerja dalam tatanan normal baru yang produktif dan aman dari Covid-19 dengan menyesuaikan pada sistem kerja yang telah ditentukan.

“Jangan lupa, gunakan Absen Online yang kita punya, kenakan masker yang sudah kita bagikan ketika berinteraksi dengan orang lain, jaga jarak sosial dan cuci tangan (fasilitasnya telah kita sediakan didepan kantor sejak beberapa bulan lalu) bagi kita dan tamu yang datang, selanjutnya penyerahan tablet vitamin C bagi ASN Lingkup Kemenag Baubau dengan harapan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkap H. Rahman Ngkaali.

Rapat yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Baubau, dipimpin Kepala Kemenag Baubau didampingi Kasubbag TU dan dihadiri/diikuti Kepala Seksi, Haji dan Umrah, Pendidikan Madrasah, Bimas Islam, Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Kepala Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Baubau, Kepala KUA se-Kota Baubau, Kepala RA, Kepala MIN, Kepala MTsN dan Kepala MA se-Kota Baubau.(*)

[TIM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here