Kemenag Baubau Gelar Rakor dan Evaluasi Kelembagaan KUA untuk Optimalkan Pelayanan

0
185

BAUBAU, SULTRA — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Kelembagaan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kota Baubau Tahun 2020. Kegiatan ini digelar dalam rangka penguatan kelembagaan KUA sebagai garda terdepan Kementerian Agama (Kemenag) di tingkat kecamatan dalam melayani umat.

Hal itu dijelaskan Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, ditemui usai Rakor dan Evaluasi Kelembagaan KUA Kecamatan dalam Lingkungan Kantor Kemenag Kota Baubau, Selasa (13/10/2020).

H. Rahman Ngkaali mengatakan, sebagaimana keberadaan Kantor Urusan Agama di kecamatan merupakan unit pelaksana tehnis pada Dirjen Bimas Islam.

“Tugasnya lebih luas karena KUA Kecamatan melaksanakan hampir seluruh tugas fungsi Kementerian Agama di wilayah kecamatan, yaitu melakukan tugas pemerintahan di bidang agama dalam wilayah kecamatan,” ujarnya.

Dijelaskan Rahman Ngkaali, sebagai ujung tombak Kemenag dalam menjalankan tugas pemerintahan, pelayanan di bidang keagamaan di tingkat kecamatan, maka pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk, penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam serta pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan perlu dioptimalkan.

“Selain itu, pelayanan bimbingan keluarga sakinah, pelayanan bimbingan Kemasjidan, pelayanan bimbingan Hisab Rukyat dan pembinaan Syariah, pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam, pelayanan bimbingan zakat dan wakaf, pelayanan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan, juga harus optimal,” paparnya.

Lebih lanjut, Kepala Kemenag Baubau juga mengingatkan para Kepala KUA dan seluruh jajaran agar bekerja tetap memperhatikan kode etik dan kode perilaku di lingkungan Kementerian Agama.

“Jangan lupa, jadikan kode etik dan kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama di lingkungan dimana kita berada sebagai landasan nilai dasar dalam bekerja,” urai pria yang pernah menjabat Kepala KUA Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan ini.

Rapat ini dipimpin Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau, didampingi Kasubbag Tata Usaha dan Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Baubau dan dihadiri seluruh Kepala KUA Kecamatan serta penyuluh dan JFU, JFT, KUA se-Kota Baubau, bertempat di Masjid Kemenag Baubau, 13 Oktober 2020 M, bertepatan dengan 25 Shafar 1442 H.

[ TIM ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here