Kembalikan Kejayaan Ekonomi Tinanggea, Paslon SUARA Akan Bangun Pasar Sentral

0
187
Kembalikan Kejayaan Ekonomi Tinanggea, Paslon SUARA Akan Bangun Pasar Sentral
Calon Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (Kanan Berdiri) saat menggelar kampanye terbatas di Kelurahan Ngapaaha, Kecamatan Tinanggea. (Arna/FB.Net)

KONAWE SELATAN, SULTRA — Calon Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga mengatakan, masa kejayaan ekonomi Kecamatan Tinanggea akan ia kembalikan dengan membangun pasar sentral sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Konsel. Untuk pembangunannya akan dialokasikan sebesar Rp 8 Miliar.

“Andai bukan Covid-19, sudah dimulai pembangunannya, sekarang anggarannya dialihkan,” ungkap Surunuddin saat kampanye terbatas bersama Rasyid di Kelurahan Ngapaaha, Kecamatan Tinanggea, Senin (12/10/2020).

Menurut Surunuddin, Kecamatan Tinanggea harus dikembalikan masa kejayaannya seperti dulu karena dikenal sebagai penghasil ikan, kepiting, udang, dan sebagian wilayahnya sawah.

“Potensi ekonomi ini harus dikembalikan seperti masa kejayaannya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Relawan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konsel Surunuddin-Rasyid (SUARA), Irham Kalenggo mengatakan bahwa alasan memilih Paslon ini karena merupakan keluarga besar.

“Sebelum Surunuddin Dangga menjabat Bupati Konsel, sudah memberikan kontribusi pembangunan di Konsel sekitar 40 tahun. Saya masih kecil, beliau sudah banyak berkontribusi membangun Konsel semasa beliau masih di PU,” ungkapnya.

Diungkapkan Irham pula bahwa selama lima tahun menjabat Bupati, Surunuddin Dangga sudah membuka sudut-sudut kampung di Konsel. Misalnya pembukaan jalan darat yang menghubungkan Kecamatan Moramo menuju Kecamatan Laonti.

“Hanya memang belum rampung. Makanya kita inginkan pasangan SUARA dapat terpilih untuk melanjutkan pembangunan,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, jalan yang menghubungkan Kecamatan Konda menuju Moramo sudah diaspal.

“Sekarang warga sudah bisa menempuh perjalanan dari Konda menuju Moramo hanya 20 menit. Dulu harus memutar ke Kota Kendari baru ke Moramo,” tutur Irham.

Selain itu juga Surunuddin sudah mengaspal jalan yang menghubungkan Andoolo-Mowila.

“Memang masih ada 6 Km yang belum diaspal. Makanya kita ingin lanjutkan pembangunan supaya tuntas pengaspalannya,” beber Irham.

Tak hanya itu saja, jalur Mowila-Sabulakoa juga sudah diaspal. Dimana Sabulakoa terkenal sebagai penghasil sayur-sayuran yang selanjutnya dipasarkan di Kota Kendari.

Sementara untuk jalan Kecamatan Tinanggea, kata Irham, jika status jalan poros Tinanggea bukan jalan provinsi, Pemerintah daerah Konsel sudah lama mengaspalnya.

“Makanya pak Bupati sudah surati Gubernur untuk turunkan status jalan provinsi menjadi jalan kabupaten. Sehingga Pemda Konsel bisa mengaspalnya,” pungkasnya.(#)

Kontributor: Arna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here