Kemajuan Suatu Daerah Tak Lepas Dari Pemerintah Daerahnya

0
380
Kemajuan Suatu Daerah Tak Lepas Dari Pemerintah Daerahnya
LM. Rajiun Tumada. (Ros/FB.Net)

MUNA BARAT, SULTRA — Kemajuan dan kesuksesan sebuah daerah tak lepas dari karakter dan leadership kepala daerah dalam memimpin sebuah pemerintahan. Dibalik segudang prestasi yang diukir di Kabupaten Muna Barat tak lepas dari sosok tegas kepemimpinan Seorang LM. Rajiun Tumada didampingi Ahmad Lamani.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pemerhati Rakyat Sultra, Laode Rifaldi, Minggu (05/07/2020).

Menurutnya, terobosan yang dilakukan Orang Nomor Satu di Mubar ini terbilang unik. Ia mampu menyulap daerah Muna Barat menjadi daerah berkembang dan bisa sejajar dengan kabupaten kabupaten lain yang ada di Sulawesi Tenggara.

Muna Barat yang baru seumur jagung bukan perbandingan dengan Kabupaten Muna yang usianya sudah 61 tahun. Namun jika dibandingkan dengan Muna yang merupakan kabupaten induk, Muna Barat lebih Maju.

Askes Jalan di Muna Barat begitu mulus tak berlobang seperti di Kabupaten Muna induk. Jalan jalan yang menjadi penghubung antara kabupaten, provinsi bahkan jalanan nasional semuanya mulus menggunakan Aspal Hotmix.

“Bukan hanya itu pakaian gratis buat anak sekolah dri tingkat SD sampai Tingkat SMA diberikannya,” ungkap Laode Rifaldi.

Terobosan Rajiun dalam memajukan daerahnya terbilang unik. Contohnya Buku Nikah Gratis diberikan pada masyarakatnya. Honor para Imam Desa, TPP bagi para PNS pun diberikannya.

“Itulah keunikan sosok seorang Rajiun dalam memimpin Kabupaten Muna Barat. Karena programnya yang unik masyarakat Kabupaten Muna menginginkannya menjadi Bupati Muna 2020-2025,” lanjut Laode Rifaldi.

Selain itu, kata Laode Rifaldi, Rajiun melakukan follow up terhadap ide dan gagasan dari masyarakat untuk dijadikan program.

Cara itu terbilang sangat unik, sebab di berbagai daerah banyak pemimpin berparadigma top down atau program dari pemerintah dijalankan di masyarakat. Namun sosok Rajiun justru sebaliknya. Bupati Muna Barat ini yang akan “Maju” di Pilkada Muna pada 9 Desember 2020 memilih model bottom up.

“Model program yang datang dari masyarakat. Program ini sukses. Efek dari program yang bersifat bottom up atau berasal dari warga berdampak pada pola perilaku dan mindset masyarakat,” ungkap Laode Rifaldi.(*)

Kontributor: Ros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here