Kades Amboniki Dilapor Warganya di Polda Sultra

0
254
Kades Amboniki Dilapor Warganya di Polda Sultra
Warga Desa Amboniki, Kecamatan Latoma melaporkan Kadesnya di Polda Sultra. (Foto: Ricky/FB.Net)

KENDARI, SULTRA — Sebanyak enam orang warga Desa Amboniki, Kecamatan Latoma, Kabuputan Konawe melaporkan Kepala Desanya di Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) karena diduga korupsi. Laporan tersebut diterima oleh Brigadir I Nyoman Adi Susana SH, Jumat (12/06/2020).

Dugaan korupsi yang dimaksud yakni pengadaan bibit sapi, yang seharusnya diterima 39 Kepala Keluarga (KK) namun yang mendapat hanya 32 KK.

Selain itu, pengadaan bibit Cengkeh yang seharusnya 39, namun yang menerima hanya 32 orang.

“Kami inilah yang menjadi korban yang tidak mendapat bibit sapi dan Cengkeh, makanya kami lapor di Polda. Karena kami sudah berupaya komunikasi sama Kades Amboniki tapi tidak direspon,” ungkap Rustan salah satu pelapor, Jumat (12/06/2020).

Bukan hanya itu, kata Rustan, mereka juga melaporkan pembangunan drainase tahun 2017 yang sampai hari ini belum selesai dikerja. Serta dana Bumdes yang diduga dikelola sendiri oleh Kades Amboniki.

Pelapor lainnya, Agus yang juga selaku anggota Badan Permusyawarat Desa (BPD) mengungkapkan bahwa banyak pengadaan dan pembangunan yang terbengkalai di Desa Amboniki bahkan anggota BPD tidak pernah dilibatkan.

“Saya ini anggota BPD tapi tidak pernah dilibatkan dalam mengambil keputusan,” ungkapnya.

Ia berharap agar Polda Sultra serius menangani persoalan ini demi menegakan keadilan di Bumi Anoa.

Adapun nama-nama masyarakat yang melapor, antara lain Rustan, Agus, Kaimudin, Jasrun, Halim dan Ruslin, yang didampingi oleh Lembaga Poros Muda Sulawesi Tenggara.(*)

Kontributor: Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here