Jalan Rusak di Poros Abuki Kabupaten Konawe Dikeluhkan Warga

0
735
Jalan Rusak di Poros Abuki Kabupaten Konawe Dikeluhkan Warga
Tampak kondisi Jalan Poros Abuki rusak parah. (Dendi/FB.Net)

KONAWE, SULTRA — Jalan poros Abuki, yang menghubungkan tiga Kecamatan yakni Abuki Tongauna, dan Asinua, Kabupaten Konawe, kondisinya rusak parah. Akibatnya, jalur transportasi terganggu.

Kondisi jalan yang berlubang-lubang membuat ruas jalan seperti kubangan kerbau.

Ketua Gerakan Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Abuki (GIPMA), Andini Aci Sucikno mengatakan, Jalan Poros Abuki adalah jalan yang menghubungkan dua kabupaten yakni Konawe dan Kolaka Timur.

Namun kondisi jalan saat ini cukup memprihatinkan karena sikap Pemda Konawe, serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tidak memperhatikan kondisi jalan di Kecamatan Abuki, Tongauna, Asinua.

“Tentunya kondisi jalan yang tidak layak pakai ini banyak memakan korban jiwa bahkan masyarakat yang sedang dirawat di Puskesmas yang kondisinya sekarat dan ingin dirujuk di RSUD untuk mendapatkan pertolongan, tak jarang meninggal di jalan”, ungkapnya, Jumat (14/08/2020).

Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 24 ayat 1 diterangkan penyelenggara jalan wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Kemudian dalam aturan itu diterangkan adanya kewajiban untuk memberikan tanda lalu lintas atau rambu lalu lintas pada jalan rusak guna mencegah kecelakaan.

“Namun sampai saat ini baik Dinas PU (Pekerjaan Umum) maupun Pemrov atau Pemda belum melakukan penindakan mengenai Jalan Poros Abuki,” ujarnya.

Ditempat terpisah, salah seorang pengedara, Zain Asari mengaku begitu resah dengan kondisi jalan saat ini.

“Sudah banyak kendaraan yang rusak dan juga korban jiwa akibat kecelakaan jalan yang begitu rusak ini. Ditambah lagi ketika hujan, kubangan jalan ini berubah menjadi sumur dan ketika musim kemarau jalanan ini berubah menjadi padang pasir yang debunya menggangu saluran pernapasan,” keluhnya.(#)

Reporter: Dendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here