Jalan Poros Abuki Rusak Parah, Hipma Lakukan Unjuk Rasa

0
392
Jalan Poros Abuki Rusak Parah, Hipma Lakukan Unjuk Rasa
Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Abuki (Hipma) berunjuk rasa tuntut perbaikan jalan poros Abuki. (Den/FB.Net)

KONAWE, SULTRA — Puluhan pengunjuk rasa yang tergabung dalam Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Abuki (Hipma) melakukan unjuk rasa di kantor DPRD Kabupaten Konawe dan di ruas jalan poros Abuki, Rabu (02/09/2020).

Mereka menyoal jalan poros Abuki yang menghubungkan dua kabupaten yaitu Konawe dan Kolaka Timur saat ini kondisinya rusak parah. Ditambah lagi adanya mobil truk yang bertonase berton-ton seringkali melintasi jalur tersebut.

Amblasnya jalan poros Abuki yang kian hari kian memprihatinkan mengakibatkan perputaran siklus ekonomi menjadi terganggu.

Aksi demonstrasi yang diwarnai dengan pembakaran ban bekas di ruas jalan Abuki sempat mengakibatkan terjadinya kemacetan beberapa menit.

Kordinator aksi, Dendi Aditia mengatakan, rusaknya jalan poros Abuki ini merupakan suatu persoalan yang begitu penting mengingat sarana dan prasarana menjadi terhambat.

“Apalagi jika kita melihat Kecamatan Abuki, Tongauna dan Padangguni merupakan beberapa sektor pertanian yang terbesar di Sulawesi Tenggara, khususnya di Konawe. Tentunya sudah banyak PAD yang di sumbangkan, namun ironisnya Pemerintah Provinsi hari ini tidak memperhatikan sepanjang jalan poros Abuki ini,” teriak dia dalam orasinya, Selasa (02/09/2020).

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Dinas PU Binamarga Provinsi Sultra segera mengalokasikan anggaran peningkatan jalan untuk Tahun Anggaran 2021.

“Dan PU Binamarga harus bersedia membuat MoU antara masyarakat dan Pemprov,” tutupnya.(#)

Reporter: Den

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here