Hebat! Sekdes Lapokainse Ciptakan Aplikasi ‘Smart’

0
1238

MUNA BARAT, SULTRA — Sekretaris Desa (Sekdes) Lapokainse, Kecamatan Kusambi, Muhamad Syahrul (23) menciptakan aplikasi Sistem Administrasi Terpadu (Smart). Aplikasi ini dibuat selama kurun waktu dua bulan, semenjak dilantik tanggal 10 Juli 2020 lalu.

Aplikasi yang dibuat Sekdes milenial ini tentu sangat membantu dalam pengelolaan administrasi desa. Software tersebut berbasis offline sehingga sangat cocok digunakan di pedesaan.

Aplikasi ini memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai pengimputan data base kependudukan secara otomatis, pencarian data kependudukan, persuratan dan lain sebagainya.

Disamping itu, aplikasi ini berfungsi sebagai pengarsipan secara elekronik. Sehingga dengan aplikasi ini bisa lebih efektif dan efisien dalam mengelola administrasi dan pengarsipan surat.

“Aplikasi ini mendapat banyak respon dari banyak kalangan, khususnya mereka yang bergelut di pemerintahan desa. Untuk harga aplikasi, tidak memerlukan biaya banyak,” ungkap Muhamad Syahrul pada fokusberita.net, Kamis (24/09/2020).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Lapokainse, La Ode Mohirabu merasa sangat terbantu dengan adanya perangkat desa milenial yang ia miliki saat ini.

“Dengan aplikasi Smart, kini masyarakat yang berurusan di desa cukup hanya dengan membawa diri dan tak lebih dari 5 menit urusan bisa terselesaikan,” ungkapnya.(*)

Kontributor: Nirwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here