Diduga Salah Gunakan Wewenang, Bupati dan Pimpinan DPRD Konsel Dilaporkan

0
749

KONAWE SELATAN, SULTRA — Bupati dan Pimpinan DPRD Konawe Selatan (Konsel), dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel karena diduga menyalahgunakan wewenang saat menetapkan Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Hal itu disampaikan Ketua Poros Muda Sulawesi Tenggara (Sultra), Jefri Rembasa saat menggelar unjuk rasa di depan Kejari Konsel, Rabu (14/10/2020).

Menurutnya, penetapan Raperda RTRW Konsel dinilai dipaksakan dan diduga tidak sesuai prosedur, dimana, kata Jefri, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo dan Wakil Ketua 1 DPRD Konsel Armal bersama Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat itu telah membuat berita acara persetujuan bersama penetapan Raperda RTRW.

“Padahal pembahasan Raperda RTRW ditubuh Bapemperda masih berjalan dan seharusnya dilakukan uji publik dan peraturan zonasi sebelum dilakukan penetapan Raperda,” ungkapnya dalam orasinya, Rabu (14/10/2020).

Untuk itu, pihaknya mendesak Kejari Konsel untuk melakukan penyelidikan terhadap dugaan penyalahgunaan wewenang dalam penetapan berita acara Raperda RTRW yang ditandatangani oleh Bupati dan Pimpinan DPRD Konsel.

Menanggapi hal ini Kepala Kejari Konsel, Dr. Affrillianna Purba, SH MH, mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat melakukan penyelidikan terhadap terduga dalam hal ini Bupati Konsel Surunuddin Dangga karena menjadi Calon Kepala Daerah.

“Karena ini tahun politik, kami Aparatur Penegak Hukum (APH) baik itu polisi maupun kejaksaan tidak bisa melakukan penyelidikan kepada salah satu calon kepala daerah,” jelasnya dihadapan perwakilan demonstran.

Karena kata dia, sekarang telah ada aturan yang tidak memperbolehkan penyidikan terhadap Calon Kepala Daerah sebelum Pilkada selesai.

Namun pihaknya tetap akan melakukan pengumpulan data terkait laporan dugaan penyalahgunaan wewenang yang melibatkan Bupati dan Pimpinan DPRD Konsel.

“Kami tunda sampai selesainya Pemilihan Kepala Daerah,” pungkasnya.(*)

Kontributor: Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here