Desa Baruga Didaulat Menjadi Desa Mandiri Lawan Covid-19

0
678
Desa Baruga Didaulat Menjadi Desa Mandiri Covid-19
Desa Baruga didaulat jadi desa mandiri Covid-19 pada Kamis 4 Juni 2020. (Foto: Penrem 143)

KONAWE, SULTRA — Danramil 02 Wawotobi Kodim 1417/Kendari Kapten Inf Salmar G bersama Camat Wonggeduku Barat Abdul Hasim, S.P., M.Si dan Kapolsek Wonggeduku Iptu Hamid Boni membuat terobosan baru dengan mendaulat satu desa percontohan lawan Covid-19 di wilayah binaannya tepatnya Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe.

Kegiatan berlangsung Kamis 4 Juni 2020 di Balai Desa Baruga posko relawan gugus depan percepatan penanganan Covid-19.

Menurut Keterangan Kapten Inf Salmar, pembentukan desa percontohan ini dengan menerapkan “KATANA” (Keluarga Tangguh Bencana) Mandiri lawan Covid-19.

Dimana warga desa berperan menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun di setiap rumah tanpa terkecuali, serta mampu menyiapkan masker sendiri dengan memanfaatkan bahan yang ada dirumah masing – masing  dan  penghuni rumah harus paham tentang protokol Covid-19.

“Untuk Posko sendiri sudah dilengkapi dengan ruang untuk isolasi bagi warga yang melaksankan isolasi mandiri, tapi harapan kami ruangan itu jangan pernah terisi, dan ini menjadi tugas bersama untuk mendisliplinkan diri dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” terang Danramil.

“Semua pelaksanaan kegiatan ini akan mendapat pendampingan dari Babinsa, Babhinkamtibmas, Petugas Medis dan relawan yang sudah terbentuk sekarang ini di bawah Komando Kepala Desa Baruga,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama Camat Wonggeduku barat Abdul Hasim S.P., M.Si menyampaikan apresiasi atas terbentuknya Posko Relawan ini.

“Saya mewakili warga Baruga dan segenap warga Wonggenduku Barat sangat berterimakasih kepada TNI – Polri yang terus bersama kami mengawal masyarakat untuk melawan Covid-19, dan semoga dengan terbentuknya desa percontohan melawan Covid-19 ini bisa memicu kedisiplinan masyarakat untuk berpola hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

“Semoga ini menjadi awal dan kedepannya bisa menyebar ke seluruh desa serta mampu mencakup skala yang lebih besar, dan harapan besar kami bersama jajaran Muspika kegiatan ini bisa menyebar ke daerah lain”, pungkasnya.(*)

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here