Danrem 143/Halu Oleo Serahkan Secara Simbolis APD dari Gugus Tugas Nasional Covid-19 Kepada Gubernur Sultra

0
265
Danrem 143/Halu Oleo Serahkan Secara Simbolis APD dari Gugus Tugas Nasional Covid-19 Kepada Gubernur Sultra
Danrem 143/Halu Oleo, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si menandatangani berita acara penyerahan APD. (Foto: Istimewa)

KENDARI, SULTRA – Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Gugus Tugas Nasional penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19) yang didatangkan oleh Kodam XIV/Hasanuddin untuk disalurkan telah tiba di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Minggu (29/03/2020), melalui Bandara Lanud Halu Oleo.

APD tersebut diserahkan secara simbolis oleh Komandan Korem (Danrem) 143/HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si, kepada Gubernur Sultra H. Ali Mazi, S.H bertempat di di Aula Sangia Ni Bandera, Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Kota Kendari, Sultra, hari ini Senin (30/03/2020).

“TNI telah mendatangkan total keseluruhan 40 koli APD bantuan dari gugus tugas nasional dan telah didistibusikan ke Provinsi Sultra melalui Kodam XIV/Hasanuddin,” terang Danrem.

Perlu diketahui, untuk 40 koli APD bantuan dari gugus tugas disalurkan ke Sultra sejak tanggal 20 Maret 2020 sejumlah 4 koli, 27 Maret 2020 sebanyak 15 koli dan 29 Maret 2020 berjumlah 21 koli. Untuk pendistribusiannya disesuaikan dengan faktor kebutuhan dan kondisi masing-masing wilayah.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH menyampaikan beberapa hal tentang penanganan penyebaran Covid-19 di Provinsi Sultra.

“Pemprov Sultra telah menerima APD berjumlah 40 koli dengan masing masing koli berjumlah 50 jadi jumlah keseluruhan adalah 2000 pcs,” ujar Gubernur, Senin (30/03/2020).

APD ini dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Darurat Covid-19 Nasional yang di serahkan kepada Pangdam seluruh Indonesia, kemudian dari Pangdam didistribusikan kepada Danrem di masing masing wilayah.

“Semoga APD ini bisa bermanfaat bagi penanganan Covid-19 di wilayah Sultra dan Insha Allah Sultra bisa terhindar dari Covid-19,” ucap Gubernur Sultra.

Gubernur juga mengatakan, dalam waktu dekat Pemprov Sultra akan menerima 10 ribu APD (Masker) bantuan dari Pemerintah Pusat dan nanti akan langsung didistribusikan ke kabupaten kota yang ada di wilayah Sultra.

Sementara untuk pasokan pangan di wilayah Provinsi Sultra lanjut Ali Mazi, masih stanby sampai 6 bulan ke depan. Untuk Sultra tidak terlalu berpengaruh untuk ketersediaan pangan karena banyak alternatif pangan pengganti beras, seperti jagung singkong sagu dan lain-lain.

Terkait penanganan Covid-19 Pemprov Sultra telah menunjuk Rumah Sakit di 6 Kabupaten untuk mencover pasien di seluruh wilayah Sultra.

Pemprov Sultra, kata Ali Mazi, telah menyiapkan kurang lebih 150 kamar tersebar di seluruh wilayah Kendari di siapkan apabila fasilitas RS Rujukan yang ada di Kota Kendari tidak mencukupi untuk merawat pasien Covid-19.

Gugus tugas Sultra juga telah menerima Rapid tes sebanyak 2400 pcs pada tanggal 26 Maret dan sejak tanggal 27 Maret 2020 sebagian telah didistribusikan sebanyak 876 pcs untuk 17 kabupaten kota.

“Hingga saat ini ada sebagian daerah yang sudah melaksakan rapid test tetapi laporan resminya belum diterima oleh gugus tugas Provinsi Sultra,” pungkas Gubernur Ali Mazi.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan secara simbolis APD dari Danrem 143/HO kepada Gubernur Sultra dan dari Gubernur Sultra kepada Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Provinsi Sultra serta penandatanganan berita acara penyerahan APD.(*)

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here