Bupati Muna Dikabarkan Ajukan Perubahan Nama di PN Raha. Bagaimana Berkas Pencalonannya?

0
1886
Bupati Muna Dikabarkan Ajukan Perubahan Nama di PN Raha. Bagaimana Berkas Pencalonannya?
Humas PN Raha, Diodera Darmawan. (Foto: Ist)

MUNA, SULTRA — Bupati Muna LM. Rusman Emba dikabarkan mengajukan permohonan perubahan data identitas diri di Pengadilan Negeri (PN) Raha. Hal ini dibenarkan Humas PN Raha, Diodera Darmawan, ketika dikonfirmasi, Kamis (24/09/2020).

“PN Raha telah mengagendakan sidang perdana perkara perdata permohonan nomor: 20/ PDT.P/2020/ PN Raha, Kamis 24 September 2020,” ungkapnya.

Dikatakan Diodera, dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), pemohon bernama LM Rusman Emba ST.

Pemohon mengganti nama pada akta kelahiran, dari La Ode Muhamad Rusman Untung menjadi nama La Ode Muhamad Rusman Emba.

Pengajuan permohonan perubahan nama orang nomor satu di Kabupaten Muna ini, telah masuk di PN Raha sejak sepekan lalu.

Menurutnya, PN mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan penetapan terkait permohonan tersebut.

“Pengajuan pemohon (LM Rusman Emba) ini baru pertama kali. Pengajuannya sendiri, masuk sekitar minggu lalu. Terkait nanti permohonan tersebut dikabulkan atau tidak, itu nanti tergantung proses persidangan,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah perubahan nama tersebut akan berpengaruh dengan berkas (administrasi) pencalonan Rusman Emba di Pilkada Muna, Diodera mengatakan dirinya tidak bisa memastikan karena hal itu merupakan wewenang KPU.

“Hanya intinya pengadilan tetap menerima, karena Pak Rusman posisinya hanya sebagai pencari keadilan atau orang yang meminta layanan di pengadilan terkait hak keperdataan dia,” terangnya.

Hakim PN Raha ini juga menerangkan, setelah proses pembacaan permohonan dan pemeriksaan saksi. Maka prosesnya dilanjutkan dengan penetapan. Dan dalam praktek persidangannya tidak menyita waktu sebulan.

“Karena permohonan itu kan satu orang berarti hanya ada satu pihak saja berkepentingan, jadi tidak memakan waktu terlalu lama,” tandasnya.(*)

Kontributor: Ros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here