Anggaran BSPS Terindikasi Dikorupsi, AMPD Sultra Demo Kantor DPKP Konsel

0
483
BSPS Terindikasi Korupsi, AMPD Sultra Demo Kantor DPKP Konsel
Massa AMPD Sultra saat berdialog dengan Kepala DPKP Konsel. (Foto: Istimewa)

KONAWE SELATAN, SULTRA – Aliansi Masyarakat Pemerhati Daerah Sulawesi Tenggara (AMPD Sultra), menggelar demonstrasi di Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Rakyat (DPKP) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Senin (09/03/2020) kemarin.

Mereka mendesak DPKP Konsel agar mengidentifikasi penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, karena belum sepenuhnya terselesaikan dan terindikasi korupsi.

“Berdasarkan data hasil investigasi dalam bentuk rekaman audio yang kami (AMPD Sultra) lakukan pada Bulan Februari Tahun 2020 kemarin, hasil informasi yang bersumber dari salah satu warga yang mendapatkan bantuan mengeluh kepada kami bahwa bantuan yang didapatkan tidak seperti apa yang mereka harapkan,” kata koordinator aksi, Riswanto, Senin (09/03/2020).

Dalam investigasi tersebut, para penerima BSPS mengaku menerima bantuan hanya sebesar Rp 6 Juta sampai dengan Rp 7 Juta. Sementara anggaran yang seharusnya adalah Rp 17.500.000.

“Saya harapkan agar rumah warga yang belum terselesaikan agar diperbaiki secepatnya, kami beri waktu selama tiga hari, jika dalam waktu tersebut tidak terlaksana kami akan tempuh jalur hukum,” tegas Riswanto.

Kepala Dinas DPKP Konsel, Indra Rusdin yang menerima massa aksi menyebut dana bantuan BSPS tersebut bervariasi besarannya, hal itu disebabkan kondisi rumah dari calon penerima manfaat yang berbeda-beda, yang diketahui dari hasil survey sebelumnya.

“Kriterianya sudah ada, misalnya lantai tanah, dinding, kemudian beratap rumbia yang juga sirkulasi udaranya tidak memenuhi syarat. Pihak penyedia melalui PPK, Bendahara langsung transfer ke rekening toko yang menyalurkan dalam bentuk material. Jadi kami memberdayakan toko-toko terdekat. Kalau sesuai laporan penyalurannya untuk anggaran 2019 itu sudah tuntas,” jelasnya.

Ditambahkannya pula bahwa untuk anggaran BSPS yang telah digelontorkan pada tahun 2019 lalu, telah disalurkan dalam bentuk material (bahan bangunan).

“Saya sangat mengapresiasi adik-adik melakukan pengawasan di lapangan. Saya harapkan agar pengawasan kepada kami terus berlanjut,” tutupnya.

Kontributor: Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here