Bangun Ketahanan Pangan dan Kembangkan Ekonomi Warga, Ketua RT 05 Bintang Timur Bangun Pasar Mini

0
140
Bangun Ketahanan Pangan dan Kembangkan Ekonomi Warga, Ketua RT 05 Bintang Timur Bangun Pasar Mini
Ketua RT 05, Errych E. Ruamba, S.Pi didampingi Bhabinkamtibmas, Bripka Harnan Duwiri mengunjungi pasar mini 05 Perumahan Bintang Timur, Kelurahan Dobonsolo Distrik Sentani. (Abdul Mutakim/FB.Net)

SENTANI, PAPUA — Rukun Tetangga (RT) 05 Perumahan Bintang Timur, Kelurahan Dobonsolo Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura bekerja sama dengan berbagai pihak mengembangkan ekonomi warga dan bangun ketahanan pangan dengan membangun pasar mini.

Ketua RT 05, Errych E. Ruamba, S.Pi didampingi Bripka Harnan Duwiri selaku Bhabinkamtibmas mengatakan, situasi pandemi Covid-19 saat ini membuat seluruh aktifitas dibatasi dengan protokol kesehatan.

Sehingga untuk melindungi warga dari penyebaran virus Corona, maka munculah ide membangun pasar mini supaya kebutuhan sehari-hari warga dapat tersedia di dekat tempat tinggal mereka sehingga tidak perlu harus jauh-jauh ke pasar.

“Pertama kali pasar mini ini dibangun di rumah warga yang saat itu belum digunakan, saat itu kondisi darurat dan terisi 9 meja yang beroperasi selama kurang lebih 3 bulan,” katanya, Jumat (18/09/2020).

Errych juga menambahkan, karena pemilik rumah mau menggunakan tempat tersebut, sehingga ia berpikir harus dilanjutkan dan mencari lahan yang lebih luas lagi.

“Kami melakukan negosiasi dengan pemerintah dan pemilik lahan dan akhirnya diizinkan sehingga dilanjutkan dengan pembangunan pasar mini yang bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Kelurahan, Rukun Warga (RW), Bhabinkhamtibmas, Bhabinsa, tokoh adat serta masyarakat,” tambahnya.

Dijelaskannya pula bahwa pasar ini dikelola oleh RT serta perangkatnya dan tersedia 14 meja untuk berjualan sehingga masyarakat yang mau menjual tinggal menempati lokasi yang sudah diberikan.

“Pasar ini bertujuan untuk memberdayakan dan membentuk perekonomian masyarakat RT 05 sehingga pasar ini hanya ditempati berjualan oleh warga dari lingkungan RT 05,” jelasnya.

Selanjutnya Errych juga menyampaikan bahwa dengan adanya pembangunan pasar mini ini pemerintah bisa melihat kondisi yang ada dan juga pentingnya pembangunan pasar tersebut di lingkungan masyarakat.

Sehingga, kata dia, perumahan yang potensi penduduknya banyak disediakan lahan seperti ini agar bisa mengembangkan ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Kami juga mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah kepada warga RT 05 seperti modal usaha yang mungkin bekerja sama dari pihak Perbankan sehingga memudahkan warga untuk dapat mengembangkan usaha dan perekonomiannya,” harapnya.(*)

Kontributor: Abdul Mutakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here