Ayla, Wanita Indonesia yang Mencuri Perhatian Dunia Internasional

0
106
Ayla, Wanita Indonesia yang Mencuri Perhatian Dunia Internasional
Dr. Ayla Aljufrie, MBA. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Dr. Ayla Aljufrie, MBA, wanita asal Indonesia yang lahir di Bogor ini diam-diam sudah mencuri perhatian publik di dunia Internasional meskipun jarang terdengar gaungnya di Indonesia. Ia cenderung low profile di Indonesia. Susah sekali media mendapatkan banyak informasi darinya. Beberapa media kenamaan ingin menulis profile dan mewawancara exlusif.

Lahir di kota hujan Bogor dan memulai karirnya sebagai model membintangi beberapa iklan media TV dan cetak. Pramugari maskapai kebanggaan Indonesia ini benar-benar memulai bisnisnya dari nol besar dan dari rumahnya. Bekerja sebelum lulus SMA di hotel Butiq di depan sekolahnya milik kerabat. Diterima dengan beasiswa di universitas terbaik dunia di LN dan berjuang sekuat tenaga untuk bertahan.

Namun terpaksa kembali ke Indonesia tanpa sengaja memiliki peruntungan di bidang properti dan menetap di Pulau Dewata (Bali) untuk bekerja menjadi Sales Travel Property, kemudian menjadi Pramugari. Ia pelan-pelan melanjutkan sekolahnya tanpa kenal lelah bekerja bersekolah dan berbisnis.

Ayla, wanita ini kemudian bertemu dengan orang yang mengubah hidupnya ke dunia real estate dan menjadi suaminya Fauzy Aldjufrie, pengusaha pioneer senior di bidang real estate baik di Indonesia maupun di luar negeri yang memberikannya semangat, ide dan menjadi mentornya. Membeli investasi pertamanya bersama Fauzy Aldjufrie adalah salah satu pengembang pioner atau pelopor high rise dan apartemen di Indonesia dan Amerika Serikat kemudian berkembang ke Sektor Oil and Gas dan Energy. https://youtu.be/NUXN0WGQkG4

Selain itu, menthornya yang lain adalah pengusaha pengembang papan atas yang berfokus pada proyek High End atau Super Luxury asal Singapura yang memiliki proyek di Malaysia, Singapore, Sydney, Oman dan UK. Ia belajar dan magang selama 2 tahun untuk mengerti alur bisnis real estate mulai dari pengetahuan makro mikro pasar transaksi mata uang dan menjadi terbiasa karena ia ingin memiliki wawasan dan jurisdiksi bisnis internasional memiliki networking dengan skala global.

Focus dalam bidang real estate yang ia mulai sebagai konsultan dengan brand Ayla Associate dengan clientel pengembang lokal, internasional dan pemerintah bertahap karena keunikannya serta property dalam masa keemasan. Lalu ia menjadi investor di dalam dan luar negeri bertahap menjadi pengembang maupun investor.

Di skala Internasional proyeknya berfocus di Pulau Dewata Bali dan Jakarta, namun perusahaannya dan investasi yang dilakukan bertaraf internasional. Sebutlah Australia, Singapura, Malaysia, USA, Inggris, Italia dan sedang menjajaki Vietnam dan India. Fokus kepada high end and butique development atau investasi jangka menengah membeli dan menjual aset atau flip dan edukasi di bidang real estate.

Ia tahun 2017 juga menjajaki Proptech (Property dan Technology), ibunya berpesan untuk membantu orang lain, lalu membuat sebuah organisasi fenomenal dengan visi dan misi yang sangat luar biasa. Untuk membantu wanita lain berkembang memiliki kepercayaan diri dan mental baja. Jarang terdengar di Indonesia wanita ini sangat aktif dalam berbagai kegiatan sosial organsasi networking berkelas dunia. https://youtu.be/KlCeuqmM4UE

Ayla, pernah menjadi pembicara di Unesco di Paris www.unesco.org (Ayla Dewi), ia adalah wanita satu-satunya dari Asia dan Indonesia yang diberikan penghargaan dan obor wanita pengubah dunia dan memprakarsai pendidikan untuk kaum tertinggal, mendapatkan banyak sekali penghargaan kelas dunia di Asean Congress di Philipina, Busines International Style, Women Leader Forum di Vietnam, Women Forum di Singapore, India Resilience City, India Economic Forum, Asia Arab Chamber of Commerse Conference di India. Ia juga membawa dan membuka jalan wanita Indonesia untuk berbicara ataupun mempromosikan tarian nyanyian dan kebudayaan Indonesia.

Bersama partnernya di Vietnam berkembang ke 20 negara, ia mengembangkan networking platform woman leader international network dan menjadi Global Ambasador dan President Women Leader Indonesia Network bersama kelompoknya yang berjumlah tiga juta dan tersebar di seluruh belahan dunia. Ia aktif melakukan kampanye empowerment terhadap wanita dan anak-anak muda juga kaum diffable.

Wanita ini juga mendapatkan banyak sekali penghargaan di dunia asia dan Internasional. Ia adalah wanita Indonesia pertama yang mendapatkan Mahatma Gandhi International Award penghargaan bergengsi yang juga pernah diberikan oleh Mother Theresa ini dan mereferensikan orang Indonesia setelahnya penghargaan ini juga diterima oleh ahli-ahli kedoktera, seperti dokter bedah tercepat atau penemuan ilmu baru. Dan acara ini diselenggarakan oleh Non Resident Indian sociaty di British Parlement Common House dihadiri parlemen dan menteri di Inggris.

Ayla, wanita pertama dari Indonesia yang berbicara dan mempublikasikan buku milik organisasinya di platfrom ini menulis tentang kisah wanita-wanita hebat pengubah dunianya. Buku ini ditulis oleh Jurnalis CNN pendiri World Women Leading Change bersamanya. Buku ini mengcompile 20 kisah wanita yang sukses dan juga memiliki jiwa social untuk memberikan semangat bagi wanita lain. Ia juga berusaha merubah kata Disable dari Oxford Dictionary di Inggris menjadi Difable, sesuatu gagasan luar biasa dari wanita muda seusianya. https://youtu.be/ZMmIIH4o-54

Organisasi World Women Leading Change dibentuk pada saat bisnisnya sedang diporakporandakan bencana alam dan digagas dari pengalaman kesulitan ibunya membesarkan adiknya sendirian, walaupun terbilang masih 1 tahun namun organisasi ini memiliki visi yang luar biasa dan program yang juga luar biasa membuka jembatan untuk para wanita Indonesia yang ingin mendunia dan aktif membawa tenun Batik Cocoa Kopi dan jamu maupun musik tradisonal ke dunia.

Ia juga mendirikan Global Property Bank and Technology Centre bersama pakar lainnya seperti Dr Tanri Abeng, Shinta Bubu sebagai pusat edukasi berbasis online atau edutech. Untuk memberikan sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan khusus di bidang real estate. Berpusat di Inggris mimpinya melatih banyak orang untuk memahami bisnis real estate. Menciptakan metode dan demand baru dalam pengaplikasian penjualan real estate. Industy yang telah membesarkan namanya.

Dr Ayla menjadi advisor untuk beberapa organisasi bisnis maupun pendidikan diskala internasional seperti Uapcu (Universal Association of Profesional College and University) dengan metode UN SDG yang berpusat di Inggris, menjadi advisor untuk Indonesia di Indian Economic Trade Organsisation, Asia Arab Chamber of Commerse. Pendiri dari Indonesia World Education Forum Woman Leader Forum, Advisor untuk Indonesia Travel and Tourism, menjadi tamu kehormatan dan juri diberbagai event kelas dunia. Seperti Asia Power Woman, Mrs Universe Malaysia, Mrs Fashion World dan menjadi Global Ambasador Woman Leader International Network dan President Woman Leader Indonesia Network. Ia juga aktif di REI (Organisasi Pengembang Real Estate di Indonesia) Kafegama alumni Universitas Gadjah Mada dan Kadin.

Memiliki suami dari keluarga yang sudah mapan dan malang melintang di dunia bisnis tidak membuatnya berhenti berkarya, bahkan ia ingin membuktikan bahwa dia dapat melakukan role sebagai ibu dan pebisnis dengan baik. Meskipun sibuk, Amaezra Akbar Aldjufrie anak sulungnya juga menjadi salah satu anak berbakat di Indonesia mewakili Indonesia di tingkat dunia di Olimpiade Matematika Dunia di universitas bergengsi di Korea.

Dia tidak percaya jika ibu bekerja dan berkarya anak-anak menjadi tidak diperhatikan atau tidak berprestasi. “Anak itu akan mencontoh role model orangtuanya jadi kita adalah contoh nyata. Kalau anak melihat orang tuanya malas bagaimana dia bisa semangat”. Saya semangat karena sejak kecil saya melihat ibu saya bekerja sampe jauh malam memotong bahan dan mempersiapkan untuk karyawan bekerja.

Ayla aktif dalam organisasi Pedagang yang sangat ingin dibantu dengan beberapa program kerja dan komunitas diffable dan pengungsi untuk membuat perhiasan atau lukisan. Wanita ini adalah wanita yang super energic dan terkenal selalu bersemanagat menyuarakan kebudayaan bahkan dari keunikannya berpakaian yang selalu memakai sarung (setiap hari) dari bahan tenun atau batik sebagai personal brandnya dan jas dengan brand yang ia ingin sampaikan “Tradisional Value with Global Mind”. https://youtu.be/7Gi8ybMLa3E

Ia gemar membaca buku membaca hampir 50 buku pertahun dan traveling dan menghadiri konferensi di Indonesia maupun di luar negeri. Memilliki network yang luas. Ia baru saja membuka world education forum di India bersama wanita scientiest Rupa Vasudeswan dan beberapa educator tingkat dunia dan mengembangkan smart farming, laboratorium real estate pertama di dunia, mendirikan sekolah balita dengan focus karakter building dan berkesinambungan.

Semakin hari pengikutnya semakin banyak. organisasi mencetuskan kampanye Lead Change atau memimpin sesuatu perubahan diatas dunia dan industrinya mempopularkan social preneur di kalangan wanita dan pengusaha muda untuk lebih perduli atas lingkungan sekitar dan memberikan sosial impact dengan nyata. Ia melakukan kampanye anti plastik melestarikan danau dan mengajari pengungsi dari Afganistan keterampilan di India. Dan yang terakhir mendirikan World Education Forum For Education di India dan menjadi Indonesia chairperson.

Dr Ayla Aljufrie, MBA, mendapatkan banyak sekali gelar doktor kehormatan dari universitas terkemuka dari Eropa, Asia dan USA atas dedikasinya menyuarakan harapan dan impian yang harus selalu dicapai dalam kondisi apapun. Sosoknya elegan dan sangat cantik, namun ia teguh seperti baja dalam pendirian dan pekerjaan. Ia baru saja mendapatkan nominasi sebagai 100 People Global Business Influencer dari Linkenin dan menjadi wanita pertama Indonesia.

Berbicara dengannya seperti memeliki makna baru dalam kehidupan. Ia berapi api dan bersemangat membuatnya ingin melakukan sesuatu yang lebih. Semoga banyak lagi wanita Indonesia mengikuti jejaknya. Dia diakui di dunia international sebagai penggagas kemampuan wanita untuk bekerja dan berprestasi di dunia global dan menjadi pembicara kelas dunia di dalam bidang properti yang akan dilaksanakan di Berlin Germany bersama putri dari Aaudi Arabia Bilioner dari India dan pendiri Emaar Group pada 25 Februri 2020 mendatang, membawa Opportuniti Infrastktur Indonesia dibawah bendera HUJAN. Yang menunjuk Ayla Associate sebagai konsultan ekslusive.(**)

Laporan: MGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here