Asah Kemampuan Prajurit, Lantamal V Gelar Latihan Pengamanan Pilkada 2020

0
166
Asah Kemampuan Prajurit, Lantamal V Gelar Latihan Pengamanan Pilkada 2020
Lantamal V melaksanakan latihan pengamanan Pilkada Tahun 2020 lapangan apel Mako Lantamal V Jalan Laksda M. Nasir 56 Surabaya, Jatim. (Foto: Ist)

SURABAYA, JATIM — Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) melaksanakan latihan pengamanan dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020. Latihan dilaksanakan di lapangan apel Mako Lantamal V Jalan Laksda M. Nasir 56 Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (11/11/2020).

Latihan Pengamanan Pilkada ini masuk dalam tahap simulasi, dimana diskenariokan telah terjadi demonstrasi massa di depan Mako Lantamal V. Pasukan Anti Huru Hara (PHH) yang dipersiapkan, langsung melaksanakan pengendalian massa, sekaligus melaksanakan evakuasi medis saat ada yang terluka, hal ini untuk melatih respon personel baik tim PHH maupun tim Medis, saat menghadapi kondisi darurat.

Latihan tersebut melibatkan Tim PHH Denma Lantamal V, Yonmarhanlan V dan didukung oleh Tim Kesehatan Rumkital dr. Oepomo serta PMK Lantamal V. Latihan tersebut digelar guna menguji kesiapan peralatan PHH dan membekali prajurit dengan aturan yang berlaku tentang penanggulangan huru-hara dan pengendalian massa, serta Perbantuan TNI kepada Polri dan Pemda.

Latihan Pampilkada Lantamal V, digelar selama 28 hari sejak awal November lalu. Latihan ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu, 14 hari tahap perencanaan, 10 hari tahap pelaksanaan dan 4 hari tahap pengakhiran. Tentunya kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Lantamal V.

[ TIM ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here