Angin Puting Beliung Terjang Desa Slangit Cirebon, Tim Gabungan Bersama Warga Bersihkan Puing

0
98
Angin Puting Beliung Terjang Desa Slangit Cirebon, Tim Gabungan Bersama Warga Bersihkan Puing
Tim gabungan bersama warga membersihkan puing bangunan yang diterjang angin puting beliung. (Foto: Ist)

CIREBON, JABAR — Angin puting beliung menerjang rumah warga di Desa Slangit, Kecamatan Klangen, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Sabtu (02/01/2021) sore.

Akibat bencana angin puting beliung tersebut, sebanyak 20 rumah rusak berat dan 258 rumah masuk katagori rusak ringan.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI dan Polri bersama masyarakat terjun langsung untuk turut membantu membersihkan puing-puing bangunan yang rusak.

Seorang nenek, Nawinten (67), warga yang ditemui di posko pengungsian Desa Slangit, Kabupaten Cirebon menuturkan, saat kejadian dirinya sedang berada di luar rumah.

Ketika itu angin kencang datang tiba-tiba dan menerbangkan beberapa atap rumah milik tetangga.

“Disaat kejadian, atap rumah milik tetangga pada beterbangan terbawa angin. Dan rumah saya pun rusak parah,” tuturnya, pada awak Fokusberita.net, Minggu (03/01/2021) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan mengatakan, tim gabungan nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok disetiap rumah guna membantu membersihkan puing-puing bangunan rumah warga yang terkena bencana angin puting beliung.

“Lebih kurang 600 personel gabungan yang kita kerahkan untuk membantu membersihkan puing-puing rumah warga yang rusak,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi mengatakan, pihaknya membantu BPBD dan petugas lainya untuk ikut serta membersihkan pohon yang tumbang di sisi jalan serta puing-puing rumah warga yang rusak berat dan ringan.

Dengan terjadinya bencana angin puting beliung ini, warga se-Kecamatan Klangen, Kabupaten Cirebon memohon dan mengharapkan bantuan pemerintah guna memulihkan kembali bangunan mereka yang rusak.(*)

Kontributor: Mudiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here