Amalan yang Dianjurkan Terakhir Ramadhan, Perbanyak Sedekah

0
272
Amalan yang Dianjurkan Terakhir Ramadhan, Perbanyak Sedekah
Ilustrasi

FOKUSBERITA.NET – Jelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan untuk memperoleh limpahan ganjaran dari Allah SWT.

Rasulullah Muhammad SAW, sebagai suri tauladan memberikan contoh amalan-amalan yang harus dilaksanakan pada saat bulan Ramadhan.

Sedikitnya ada tiga amalan yang ditingkatkan Rasulullah di akhir Ramadhan. Salah satunya adalah amalan bersedekah.

“Semangat beliau bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril mengajarkan Alquran kala itu. Dan Rasulullah adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah Muhammad SAW selain dikenal sebagai seorang yang pemurah, juga dikenal dengan kedermawanannya.

Menunaikan ibadah puasa Ramadhan pasti ada cacat dan kekurangan, sedekahlah yang menutupi kekurangan tersebut.

Untuk itu, di akhir Ramadhan, umat Islam disyariatkan menunaikan zakat fitrah yang bertujuan untuk mensucikan orang yang berpuasa.

Disebutkan dalam hadits, Ibnu ‘Abbas RA berkata, “Rasulullah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan dari kata-kata kotor, juga untuk memberi makan kepada orang miskin.” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827)

Mengingat sedekah begitu sangat dianjurkan, pastikan untuk senantiasa bersedekah. Perbanyak sedekah pada bulan yang penuh kemuliaan ini. Tebarkan kebaikan dan kebahagiaan kepada orang-orang di sekitar Anda.(*)

TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here