Aliansi Masyarakat Laeya Bersatu Demo Perusahaan Sawit PT Merbau Jaya Indahraya

0
583
Aliansi Masyarakat Laeya Bersatu Demo Perusahaan Sawit PT Merbau Jaya Indahraya
Aliansi Masyarakat Laeya Bersatu, memblokade akses jalan produksi akibat tuntutan tidak diindahkan oleh PT Merbau Jaya Indahraya. (Ricky/FB.Net)

KONAWE SELATAN, SULTRA — Aliansi Masyarakat Laeya Bersatu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulaweisi Tenggara (Sultra) menggelar aksi menuntut berbagai macam persoalan di PT Merbau Jaya Indahraya yang dirasakan oleh masyarakat, Rabu (05/07/2020).

Hal itu disebabkan, kehadiran PT. Merbau Jaya Indahraya di Kecamatan Laeya, Kabupaten Konsel dianggap merugikan masyarakat Laeya.

Koordinator Lapangan, Rinta Rahmat Taslim mengatakan, sejak berdirinya PT. Merbau Jaya Indahraya, masyarakat Laeya hanya merasakan dampak lingkungan dalam hal udara yang tercemar karena adanya aroma bau yang ditimbulkan dari ampas produksi.

“Aksi ini kami lakukan, sebab tidak adanya realisasi dana konpensasi yang diperuntukkan untuk masyarakat Laeya dalam berbagai sektor kebutuhan masyarakat setempat,” katanya dalam orasinya.

Selain itu, jalan usaha tani masyarakat Laeya digunakan sebagai jalan utama aktivitas produksi dan fasilitas lainnya oleh PT. Merbau Jaya Indaraya.

Rinta mengungkapkan, sampai saat ini dari aspek ketenagakerjaan pun pihak PT. Merbau Jaya Indahraya tidak memprioritaskan masyarakat lokal.

“Olehnya itu, kami mendesak PT. Merbau Jaya Indahraya agar merealisasikan apa yang menjadi keinginan masyarakat Laeya,” ungkapnya.

Dalam pantauan Media ini, sekitar pukul 10.00 Wita demonstrasi berlangsung ricuh saat massa aksi mencoba masuk PT Merbau Jaya namun dihalangi oleh Satpam.

Blokade akses jalan produksi pun sempat dilakukan oleh massa aksi akibat tuntutan tidak diindahkan oleh PT Merbau Jaya Indah Raya.

“Kami akan terus memblokade akses jalan produksi PT Merbau hingga tuntutan kami diindahkan,” ujarnya.

Aliansi Masyarakat Laeya Bersatu Demo Perusahaan Sawit PT Merbau Jaya Indahraya
Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, S.I.K

Kepolisian Resor (Polres) Konsel yang menerima informasi terjadi kericuhan langsung menurunkan personil Kepolisian ke lokasi. Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, S.I.K turun lapangan hingga aksi damai terjadi mengambil keputusan untuk memediasi kedua belah pihak di Mapolres Konsel.

Melalui Kabag Humas Polres Konsel Iptu Muslimin membenarkan bahwa dari kedua belah pihak akhirnya memutuskan untuk berdamai dengan menyepakati dan menandatangani beberapa kesepakatan yang tertuang dalam MoU setelah dimediasi oleh Kapolres Konawe Selatan AKBP, Erwin Pratomo, S.I.K.(*)

Kontributor: Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here